ADVERTISEMENT

Wapres Dorong Papua Selatan Jadi Lumbung Pangan Nasional di Indonesia Timur

Rabu, 30 November 2022 15:39 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin saat bertemu para tokoh agama dan masyarakat Provinsi Papua Selatan. (Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin saat bertemu para tokoh agama dan masyarakat Provinsi Papua Selatan. (Setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mendorong Provinsi Papua Selatan menjadi lumbung pangan nasional di Indonesia Timur.

"Kita perlu fokus untuk menjadikan Papua Selatan sebagai lumbung pangan nasional di Timur Indonesia, baik sentra padi, sentra perikanan dan sentra peternakan," tutur Wapres saat menigunjungi Provinsi Papua Selatan, merupakan Daerah Otonomi Baru  (DOB).

Wapres bertemu  Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Selatan, dan para tokoh agama dan masyarakat di Merauke, Rabu  (30/11/2022).

Wapres menandaskan Pemerintah terus mengupayakan terciptanya ketahanan pangan nasional untuk memberikan jaminan keamanan bahan pangan bagi masyarakat Indonesia. 

"Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, berbagai ikhtiar eksplorasi dilakukan di wilayah-wilayah yang potensial untuk menjadi produsen bahan pangan, salah satunya di Provinsi Papua Selatan," terang Wapres.

Wapres menyampaikan, proses eksplorasi ini harus dilakukan dengan tetap memperhatikan pandangan dari masyarakat lokal. Oleh karena itu, keterlibatan Orang Asli Papua (OAP) sangat penting dalam proses ini sebab mereka merupakan elemen yang paling mengerti tentang lahan di daerahnya.

Di sisi lain, sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), Wapres mengharapkan adanya pembahasan lebih komprehensif terkait isu dan agenda yang menjadi fokus di Papua Selatan. Untuk itu, ia meminta para pemangku kepentingan terkait di jajaran struktural untuk segera melakukan diskusi mengenai isu-isu terkait pemerintahan dan kemasyarakatan.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga mengungkapkan bahwa Provinsi Papua Selatan memiliki posisi yang sangat strategis dalam mendapatkan akses lintas negara. Ia menilai, hal tersebut dikarenakan Papua Selatan menjadi gerbang pembatas menuju kawasan Pasifik.

Mengakhiri sambutannya, Wapres mengajak masyarakat Papua untuk bersama-sama mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua, khususnya Papua Selatan.

Sejalan dengan Wapres, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, memaparkan bahwa potensi bahan pangan Papua Selatan sangat melimpah, seperti pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, dan hortikultura.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT