Kemenkes Beri Imunisasi Polio Massal di Aceh

Selasa, 29 November 2022 23:07 WIB

Share
Ilustrasi imunisasi polio. (Freepik/@freepik)
Ilustrasi imunisasi polio. (Freepik/@freepik)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan pemberian imunisasi polio di Kabupaten Pidie, Aceh, Senin (28/11/2022).

Melansir dari ditus resmi Kemenkes imunisasi polio masssal yang bertajuk Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub Pin) ini ditargetkan kepada anak berusia 0-12 tahun dan dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari Kejadian Luar Biasa Polio di wilayah tersebut beberapa waktu lalu. 

''Hari ini, kita telah mulai memberikan imunisasi polio massal kepada anak-anak di Kabupaten Pidie. Alhamdulillah, hari ini sudah 14.000 anak yang diimunisasi,'' kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu.

Dirjen Maxi menekankan bahwa dukungan dan peran dari semua pihak di jajaran pemerintah serta masyarat sangat diperlukan untuk menyukseskan kegiatan tersebut, terutama orang tua yang memiliki anak berusia 0-12 tahun untuk datang ke fasilitas pelayanan kesehatan atau pos imunisasi terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio.

''Mari bersama kita lindungi anak-anak kita dari polio dan penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi lainnya. Ayo bawa anak-anak kita ke puskesmas, posyandu maupun pos pelayanan imunisasi lainnya untuk mendapatkan imunisasi,'' ujar Dirjen Maxi.

Dirjen Maxi menyebut Sub Pin Polio ini akan dilaksanakan di 21 Kabupaten atau Kota di Provinsi Aceh. 

Nantinya, pelaksanaan akan dilakukan secara bertahap sejumlah dua putaran dengan target sasaran sekitar 1.217.939 anak.

Lebih rinci, pada Sub Pin putaran pertama akan dilaksanakan di Kabupaten Pidie mulai 28 November 2022 di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara dan Kota Sabang akan dimulai 5 Desember, sedangkan untuk kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh akan dimulai pada 12 Desember 2022.

Sementara itu, untuk Sub Pin putaran kedua akan dimulai minggu ke-4 Januari 2023 meliputi seluruh wilayah di Provinsi Aceh.

Pada masing-masing putaran, vaksin yang digunakan adalah novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) kemasan 50 dosis per vial. Vaksin ini hanya digunakan pada pelaksanaan Sub Pin dalam rangka penanggulangan KLB Polio Tipe 2.

Halaman
Editor: Adinda Salsa
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar