Jokowi Besok Resmikan AMN, Pembinaan Mahasiswa Bakal Libatkan BIN

Senin, 28 November 2022 19:55 WIB

Share
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan kesiapan Indonesia jadi tuan rumah olimpiade. (Foto: biro pers)
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan kesiapan Indonesia jadi tuan rumah olimpiade. (Foto: biro pers)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo  pada 29 November 2022. Selain dalam memperiapkan  fasilitas pendidikan tersebut, BIN juga akan terlibat dalam hal pembinaan mahasiswa AMN. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, AMN pertama di Indonesia ini adalah miniatur bagi penggodokan calon pemimpin yang berwawasan nusantara berkarakter Bhinneka Tunggal Ika.

"Jadi ini diharapkan menjadi miniatur penggodokan calon pemimpin yang berwawasan Nusantara berkarakter Bhinneka Tunggal Ika. Mereka bisa saling memberikan apresiasi dari perbedaan serta keberagaman masing-masing suku adat bahasa dan agama dari masing-masing mahasiswa," kata Khofifah.

Pembangunan AMN mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 dengan tujuan sebagai wadah pembinaan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bagi generasi muda di tingkat perguruan tinggi.

 

Sebagaimana tercantum dalam Perpres tersebut, Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) adalah wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan, dan agama yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari berbagai perguruan tinggi.

AMN selain sebagai tempat hunian sementara mahasiswa dari berbagai wilayah, AMN juga sebagai tempat pembinaan mahasiswa yang berasal dari seluruh penjuru nusantara.

Kegiatan pembinaan akan dilaksanakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan bersama dengan Badan Intelijen Negara (BIN).

 

Pembinaan mahasiswa yang menghuni AMN dilakukan oleh BIN  bertujuan untuk peningkatan kompetensi dan pemahaman mengenai, wawasan kebangsaan, kewarganegaraan, karakter pelajar Pancasila, bela negara, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kepeloporan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar