Ibu Melahirkan di Atas Kapal Perang KRI WSH - 991, TNI AL Bantu Operasi Sesar Lantas Kasal Beri Nama Bayinya

Minggu, 27 November 2022 08:45 WIB

Share
Personel TNI AL membantu ibu yang melahikan di atas Kapal Perang KRI WSH - 991 saat di perairan Tidore, Maluku Utara. (foto: dispenal)
Personel TNI AL membantu ibu yang melahikan di atas Kapal Perang KRI WSH - 991 saat di perairan Tidore, Maluku Utara. (foto: dispenal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada kejadian mendebarkan di atas Kapal Perang RI (KRI) saat di Tidore. Seorang ibu melahirkan di atas Kapal Perang KRI WSH - 991.

Anggota TNI AL membantu operasi sesar di atas kapal itu. Saat itu Kasal Laksamana TNI Yudo Margono juga di atas KRI WSH - 991 tersebut. Setelah ibu itu selesai melahirkan, Kasal langsung memberi nama bayi yang baru lahir tersebut.

Kejadian menarik itu saat pelaksanaan kegiatan Bakti Kesehatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Ternyata ada tiga ibu yang menjalani proses melahirkan, ketiganya warga Tidore.

Operasi sesar itu dilaksanakan di atas KRI WSH - 991 (Kapal Perang Republik Indonesia  dr. Wahidin Sudirohusodo – 991) di Dermaga Trikora, Tidore, Maluku Utara. Kamis (24/11). 

Ketiga orang warga Tidore yang berhasil dibantu proses melahirkan melalui operasi sesar tersebut adalah Rini Muriyawati yang melahirkan bayinya pada pukul 08.45 WIT, Hafni Akadir pada pukul 09.48 dan Zulaikha Muksin pada pukul 11.25 WIT.

Kejadian menarik ini mendapat apresiasi positif Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dimana atas persetujuan orang tua bayi, Kasal langsung memberi nama kepada ketiga bayi yang lahir di atas KRI WHS-991 yang juga merupakan satu kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS) milik TNI AL tersebut. 

Ketiga nama yang dipilih Kasal adalah Wahidin Baskara yang diberikan kepada bayi dari pasangan Zulaikha Muksin dan Rauf Abdulrahim, Navy Suryawati diberikan kepada bayi dari pasangan Hafni Akadir dan Syarifudin Ali dan Navy Jaleswari diberikan kepada bayi dari pasangan Rini Mulyawati dan Iswan.

Hingga saat ini kondisi baik Ibu dan bayi semuanya dalam keadaan sehat dan masih berada di atas KRI WSH – 991 untuk proses pemulihan pasca operasi serta terus dipantau perkembangan kesehatan ibu dan bayinya. 

Dalam pelaksanaan Bakti Kesehatan yang dilaksanakan mulai tanggal 24 - 26 November 2002 yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Tidore ini, TNI Angkatan Laut berkolaborasi dengan Dinkes Kota Tidore dan RSUD Kota Tidore yaitu dengan mengerjakan pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi katarak, operasi major.

Selain itu juga operasi bibir sumbing, pelayanan Keluarga Berencana  Metode Operasi Wanita (MOW) , Metode Operasi Pria (MOP), kebidanan (Obsgyn), donor darah dan khitan/bedah minor yang semuanya dilaksanakan di atas KRI WSH – 991. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar