Merintis Kampung Tematik Abiu Katulampa

Jumat, 25 November 2022 12:45 WIB

Share
Foto : Hasil buah-buahan di Kampung Tematik Abiu Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat. (Ist.)
Foto : Hasil buah-buahan di Kampung Tematik Abiu Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat. (Ist.)
Foto : Hasil buah-buahan di Kampung Tematik Abiu Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat. (Ist.)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Ada banyak spot eksotik di Kota Bogor, Jawa Barat, khususnya bentang alam seperti kebun, taman bahkan lembah pinggiran aliran sungai yang telah ditata dan dikelola. Semua itu bisa bermanfaat dalam pengembangan destinasi wisata Kota Bogor.

Salah satu diantaranya adalah One On Farm. Ini adalah kebun sayur dan buah di lahan 5.000 meter persegi di pinggiran Ciliwung dekat Bendungan Katulampa.

Tepatnya kebun ini berlokasi di Perumahan Griya Katulampa dan telah dikelola lebih dari 10 tahun. Disitu ada kebun sayuran organik, kebun buah, kebun bibit, ternak lele, herbal, dan tempat pelatihan pertanian.

Ketika kita berada disitu tak terasa seperti di tengah kota. Sebab suasananya masih alami. Rimbun dengan pepohonan, ramai suara burung dan nyaman dengan suara aliran Ciliwung dan tipuan angin sejuk sepoi-sepoi. Semua bisa dinikmati sambil mencicipi teh herbal dan camilan, bahkan makan siang di saung

Tak hanya suasananya yang menarik. Disitu pengunjung juga bisa memetik dan menikmati buah Abiu (Pouteria Carmito) dan miracle fruit serta beberapa jenis buah lainnya. “Abiu adalah buah asli Peru dan Brazil yang dikembangkan di Australia, sehingga orang menyebutnya juga sawo Australia,” kata Victor, pendiri dan pengelola One On Farm yang kini sudah memiliki 7 pegawai. 

Menurut Victor abiu pernah dibudidayakan di Kebun Buah Mekarsari. Tetapi secara umum buah ini masih jarang ditemukan di Indonesia, sehingga permintaanya di One on Farm harus inden. 

 

 

Foto : One home farm di Kampung Tematik Abiu Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat. (Ist.)

“Dari 100 batang pohon tiap panen hanya bisa dihasilkan sekitar 50 kg dan hanya berbuah 3 kali dalam setahun,” lanjut Victor. Jadi dengan 200 batang pohon abiu yang sudah ditanam, One on Farm masih kewalahan memenuhi permintaan. Kelangkaan pasok membuat abiu bernilai jual tinggi. Satu kilo untuk kategori premium, berisi 3 butir, dihargai Rp 100 ribu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar