Jokowi Tinjau Lokasi Titik Pusat Gempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 20:51 WIB

Share
Jokowi tinjau epicentrum gempa Cianjur. (Instagram/@jokowi)
Jokowi tinjau epicentrum gempa Cianjur. (Instagram/@jokowi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Kecamatan Cugenang, di mana kawasan tersebut merupakan titik pusat gempa di Cianjur.

Melansir dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Jokowi mengatakan bahwa Cugenang adalah episentrum dari gempa di Cianjur.

“Ini adalah episentrumnya dan yang paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh yang paling banyak adalah di sini. Yang meninggal pun, yang banyak juga di sini,” kata Jokowi, Kamis (24/11/2022).

Dalam keterangannya tersebut, rehabilitasi bagi rumah-rumah yang mengalami kerusakan akan segera dilakukan usai proses evakuasi dan distribusi bantuan selesai.

“Yang paling penting setelah nanti evakuasi ini selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan,” tuturnya.

Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah tidak akan terpaku pada satu skema bantuan. 

Menurutnya, pemerintah akan menyerahkan secara langsung kepada masyarakat untuk memilih skema mana yang dinilai dapat mempercepat proses rehabilitasi.

“Ada yang nanti dibangun oleh Kementerian PU, ada yang juga dibangun dibantu oleh TNI, ada juga yang diserahkan kalau memang itu bisa mempercepat. Kita tidak terpaku pada satu skema,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa di Cianjur. 

Bantuan tersebut diketahui terdiri dari Rp50 juta untuk rumah dengan kerusakan berat, Rp25 juta kerusakan sedang, dan Rp10 juta kerusakan ringan. 

Editor: Adinda Salsa
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar