ADVERTISEMENT

Kerap Timbulkan Banjir saat Hujan, Dinas SDA Keruk Kali Angke di Kembangan

Rabu, 23 November 2022 17:33 WIB

Share
Pengerukan Kali Angke di Jakarta Barat. (foto: poskota/aldi)
Pengerukan Kali Angke di Jakarta Barat. (foto: poskota/aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mulai melakukan pengerukan Kali Angke, di Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar) yang kerap timbulkan banjir saat hujan.

Kepala Unit Pengelola Pengujian, Penyelidikan dan Pengukuran (UP4) Dinas SDA DKI Jakarta Abdul Rauf Jaffar mengatakan, pengerukan tersebut ditargetkan sepanjang dua kilometer. Namun untuk tahap awal dinas baru mengangkut lumpur di kali itu sepanjang 600 meter.

"Panjang pengerukannya sekitar dua kilometer sampai Cengkareng Drain, tapi mungkin tahap awal itu sekitar 600 meter,” ujar Abdul Rauf, Rabu 23 November 2022.

Kemudian Abdul Rauf juga mengungkapkan, bahwa Kali Angke ini memang sudah selayaknya dilakukan normalisasi. Terlebih saat ini, sudah memasuki musim penghujan. 

Ia juga menyatakan, berdasarkan inventarisasi yang dilakukan UP4, kali alam itu mengalami pendangkalan dan penyempitan.

"Ya normalnya itu kedalaman sekitar tiga meter, tapi yang ada kedalamannya sekitar 1-1,5 meter, jadi sisanya tertutup lumpur," kata Abdul Rauf.

Selain itu, dikatakan Abdul Rauf, lebar kali juga suah menyempit dari idealnya 28-30 meter namun fakta di lapangan hanya 18-20 meter. Oleh karena itu, kondisi inilah yang memicu air hujan di Kali Angke mudah meluap hingga menerjang permukiman warga.

Kendati demikian, dalam kesempatan itu, Abdul Rauf belum bisa memastikan rencana pembangunan jalan inspeksi di pinggir Kali Angke. Sebab, dia mengatakan, pembangunan bisa saja dilakukan jika ada usulan dari masyarakat dan pembangunan itu dianggap mendesak.

"Mudah-mudahan dibangun jalan inspeksi, warga bisa saja (mengusulkan) dan silakan saja," harap dia menutupi. (aldi)

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT