Obrolan Warteg : Pemimpin Baru, Wajah Lama

Senin, 21 November 2022 06:51 WIB

Share

PEMILU digelar untuk memilih pemimpin negaranya. Apakah pemimpin lama masih berkuasa karena dipilih kembali atau tersingkir, itu soal lain. Semuanya tergantung rakyat yang memberikan hak suaranya.

Negara tetangga, Malaysia Sabtu 19/11/2022) menggelar pemilu yang dipercepat karena gejolak politik dalam negeri akibat perebutan kekuasaan yang mewarnai negeri jiran dalam tiga tahun terakhir.

Pemilu digelar untuk memilih pemimpin baru, tetapi yang tampil adalah wajah lama, wajah lama, seperti Mahathir Mohamad, Anwar Ibrahim dan Muhyiddin Yassin

“Sepertinya tak hanya pemain lama, tetapi sudah berusia. Mahathir misalnya berusia 97 tahun, Anwar Ibrahim 75 tahun, Muhyidin juga berusia 75 tahun,” kata mas Bro mengawali obrolan warteg usai maksi bersama sohibnya, Yudi dan Heri di warung tersebut.

“Ketiga tokoh tersebut juga mantan penguasa Malaysia. Bahkan, Mahathir berkuasa – sebagai PM terlama selama 24 tahun. Anwar  menjadi Wakil PM yang kemudian berkiprah sebagai Ketua Kubu Oposisi Malaysia, sedangkan Muhyidin hanya beberapa bulan menjadi PM karena gejolak politik dalam negeri,” kata Yudi.

“Seperti diberitakan hasil hitung cepat, partai yang dikomandani Anwar Ibrahim unggul dalam pemilu sehingga berpeluang menjadi PM untuk membentuk pemerintahan baru,” ujar Heri.

“Berarti setelah sekian lama berjuang, kubu oposisi bakal ambil kekuasaan di Malaysia. Meski bukan mayoritas, ttapi di peringkat atas,” kata mas Bro.

“Lantas bagaimana dengan negeri kita?” tanya Heri.

“Selama ini, koalisi parpol pendukung pemerintah jumlahnya mayoritas, kubu oposisi minoritas.Saat ini hanya PKS dan Demokrat,” kata Yudi.

“Bagi saya, bukan kubu mana yang memenangkan pemilu.Apakah oposisi atau non oposisi. Yang penting , presiden terpilih mampu menyejahterakan dan memakmurkan rakyat,” kata mas Bro. (jokles).

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar