ADVERTISEMENT

Dekat Dengan Jokowi, Pengamat Sebut Wajar Jika Erick Thohir Dipercaya Jadi Panitia Pernikahan Kaesang

Senin, 21 November 2022 14:09 WIB

Share
Erick Thohir dan Kaesang Pangarep. (Foto: IG @erickthohir).
Erick Thohir dan Kaesang Pangarep. (Foto: IG @erickthohir).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat politik Fernando EMaS menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki hubungan yang spesial dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Hal itu tercermin dari kehadiran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang meninjau langsung lokasi ngunduh mantu pernikahan anak Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Puri Mangkunegaran, Solo.

Kehadiran Erick Thohir di lokasi pekerjaan panggung ini mengindikasikan dirinya dipercayakan oleh Presiden Jokowi sebagai panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang rencananya akan digelar pada 10 Desember tahun ini. 

Menurut Fernando EMaS, kedekatan Presiden Jokowi dengan Erick Thohir bukanlah hal baru, karena orang nomor satu di Kementerian BUMN itu sering ditugaskan khusus oleh Presiden dalam menyelesaikan tugas-tugas khusus, seperti penanganan pandemi COVID-19, penyelamatan sepakbola Indonesia, Olimpiade 2036 dan terakhir pernikahan Kaesang.   

“Saya tidak heran kalau Pak Erick dipercaya oleh Pak Jokowi panitia pernikahan Kaesang. Ini kan salah satu indikasi bahwa Pak Erick Thohir adalah orang yang benar-benar dipercaya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu orang yang dipercaya oleh Pak Jokowi adalah Pak Erick Thohir, tentunya kan ini tugas yang sangat berat bagi Erick Thohir ini melebihi tugas berat sebagai Menteri BUMN,” kata Fernando EMaS saat dihubungi wartawan, Senin (21/11/2022).

“Sehingga mendapat kepercayaan beberapa tugas, termasuk salah satunya penanganan Covid-19 dan termasuk yang baru-baru ini dipercaya untuk tugas kepentingan keluarga,” sambungnya.

Menurut Direktur Rumah Politik Indonesia itu, kedekatan Presiden Jokowi dengan Erick Thohir tidak bisa dianggap sebagai pimpinan dan bawahan semata, karena kedekatan itu memiliki muatan lain yakni kepentingan politik 2024. 

“Karena ini berkaitan dengan kepentingan keluarga besar Pak Jokowi, menjaga nama baik agar bisa terlaksana dengan baik tugas sebagai ketua panitia untuk terlaksananya pernikahan Kaesang dengan baik, tentunya ini kalau kita lihat ada sinyal-sinyal untuk kepentingan 2024,” ucapnya.

Dikatakan Fernando EMaS, dalam catatannya Presiden Jokowi tidak pernah gegabah mengambil keputusan, hingga penunjukan Erick Thohir sebagai (ketua panitia) pernikahan Kaesang ada maksud tersendiri. 

“Saya melihat begini, Pak Jokowi itu ketika melakukan sesuatu mengambil keputusan tidak sembarangan, tidak asal-asalan tetapi ada sesuatu nilai yang pengen dia tunjukkan,” ujarnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT