ADVERTISEMENT

Kredit Perbankan Konvensional dan Syariah Catatkan Pertumbuhan Double Digit

Minggu, 20 November 2022 22:17 WIB

Share
Bank Indonesia. (ist)
Bank Indonesia. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTAPOSKOTA.CO.ID -  Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa kredit atau pembiayaan perbankan konvensional maupun syariah mencatatkan pertumbuhan double digit pada Oktober 2022.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, pertumbuhan kredit pada Oktober 2022 tercatat sebesar 11,9 year on year (yoy).

Pertumbuhan itu ditopang oleh peningkatan di seluruh jenis kredit dan hampir seluruh sektor ekonomi.

“Pemulihan intermediasi juga terjadi pada perbankan syariah, dengan pertumbuhan pembiayaan sebesar 18,4 persen yoy,” ujar Perry dalam keterangannya, Minggu, (20/11/2022).

Menurut Perry, dari sisi penawaran, berlanjutnya perbaikan intermediasi perbankan didukung oleh standar penyaluran kredit yang tetap longgar, seiring dengan membaiknya appetite perbankan dalam penyaluran kredit terutama di sektor Industri, perdagangan dan pertanian.

“Dari sisi permintaan, peningkatan intermediasi ditopang oleh pemulihan kinerja korporasi dan rumah tangga yang terus berlanjut,” tuturnya.

Diungkapkan, jika kinerja korporasi tercermin dari perbaikan kemampuan membayar, tingkat penjualan dan belanja modal, terutama di sektor pertambangan dan perdagangan.

Kata dia, kinerja rumah tangga tercermin dari konsumsi dan investasi rumah tangga yang membaik sejalan dengan optimisme konsumen.

Ada pun di segmen UMKM, pertumbuhan kredit usaha kerakyatan tersebut pada Oktober 2022 tercatat sebesar 17,5 persen yoy.

“Ke depan, Bank Indonesia terus mencermati berbagai risiko makro ekonomi domestik dan global yang dapat menghambat kinerja sistem keuangan, serta memperkuat sinergi dengan KSSK dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan,” tutup Perry.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT