ADVERTISEMENT

Bertema Recover Together, Recover Stronger, KTT G20 Bermanfaat Bagi Dunia

Minggu, 20 November 2022 22:46 WIB

Share
Para delegasi KTT G20 di Nusa Dua Bali.
Para delegasi KTT G20 di Nusa Dua Bali.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang sukses akan bermanfaat bagi pertumbuhan manufaktur di Indonesia.

“Seperti disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia memastikan bahwa G20 bermanfaat terhadap anggotanya juga untuk dunia, terutama bagi negara berkembang. Sesuai dengan tema recover together, recover stronger,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangannya, Minggu, (20/11/2022).

Paragraf ke-37 Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali menyebutkan komitmen antara lain yang terkait dengan perdagangan, investasi, dan industri, yaitu untuk memperkuat perdagangan internasional dan kerja sama investasi untuk menyelesaikan isu supply chain, juga mencegah hambatan-hambatan perdagangan.

G20 percaya perdagangan dan kebijakan terkait iklim/lingkungan harus saling mendukung, serta WTO dapat konsisten dan berkontribusi terhadap objectives dari pembangunan berkelanjutan.

G20 juga memahami pentingnya kerja sama internasional yang inklusif dalam perdagangan digital, serta perlunya dukungan bagi peningkatan nilai tambah melalui investasi yang inklusif dan berkelanjutan di sektor-sektor produktif, seperti sektor manufaktur hilir, perdagangan digital, serta jasa.

Selain itu, menjembatani investor asing dengan perusahaan lokal, terutama yang berskala kecil dan menengah.

G20 mencatat penambahan isu industri pada TIIWG sebagai inisiatif dalam Presidensi Indonesia untuk mendiskusikan koherensi kebijakan antara perdagangan, investasi, dan industri serta untuk terus mengatasi isu-isu terkait industri dalam proses G20 yang lebih luas.

"Isu koherensi kebijakan antara perdagangan, investasi, dan industri penting untuk menghadapi tantangan ekonomi saat ini dan di masa mendatang,” jelas Menperin.

Sebelumnya, menuju KTT G20 tahun 2022, pada rangkaian kegiatan TIIWG telah dilaksanakan pertemuan menteri-menteri perdagangan, investasi, dan industri atau Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM).

Dokumen hasil G20 TIIMM merupakan salah satu elemen dalam penyusunan Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali. Di sela-sela pertemuan menteri-menteri tersebut juga dilakukan penandatanganan kontrak dagang antara pelaku usaha Indonesia dengan mitranya di beberapa negara dengan total kontrak sejumlah 23 kontrak dagang bernilai 1 miliar dolar AS.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT