ADVERTISEMENT

Ternyata, Kasatreskrim Polres Bogor Belum Genap 24 Jam Menjabat Saat Tangani Kasus Penipuan Ratusan Mahasiswa IPB

Sabtu, 19 November 2022 08:43 WIB

Share
Kasatreskrim Polres Bogor, AKP Yohannes Redhoi Sigiro. (Foto: panca/poskota)
Kasatreskrim Polres Bogor, AKP Yohannes Redhoi Sigiro. (Foto: panca/poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

"Itu saya sertijab Rabu (16/11) mulai upacara jam 8, disitu lah saya sah jadi Kasatreskrim Bogor. Tidak sampai 24 jam. 18 jam setelah saya menjabat (saya bersyukur) udah bisa nangani kasus yang cukup besar," papar mantan Kasatreskrim Polres Cimahi ini.

Mantan Kanitreskrim Polres Sleman ini juga mengatakan, ia telah melakukan pemetaan kriminalitas yang kerap terjadi di Kabupaten Bogor.

"Beberapa hari saya disini, saya sudah mencari tahu kriminal apa yang paling banyak terjadi di wilayah Kabupaten Bogor," Ucap pria yang pernah menjadi Kanitreskrim Polsek Depok Timur, Jogjakarta ini.

Pria yang pernah menjadi Wakasatreskrim Polresta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini mengatakan, kejahatan yang kerap terjadi di Kabupaten Bogor adalah kejahatan jalanan. 

"Ternyata yang paling banyak terjadi street crime atau kejahatan jalanan, yaitu pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, karena kontur wilayah yang memang pemukiman padat," ungkap mantan Wasidik Dirkrimum Polda DIY ini.

Jadi, lanjut Giro, untuk mengantisipasi kejahatan-kejahatan tersebut diperlukan kerjasama antara polisi dengan masyarakat. 

"Pesan saya semoga masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dulu, yaitu menjaga barang-barang berharganya," terang mantan Panit Subdit Indak di Disreskrimsus Polda Jabar ini

Kemudian karena wilayahnya sudah perkotaan, Sambung Giro, di Kabupaten Bogor tidak sedikit juga perkelahian-perkelahian yang melibatkan pemuda.

 "Banyak berkeliaran di malam hari, banyak anak-anak muda (yang) memancing terjadinya kejahatan, (pemuda) ini pada bawa senjata tajam dengan dalih menjaga diri. Akhirnya semuanya maunya menjaga diri, sedangkan kegiatannya banyak yang negatif, seperti mabuk sehingga mengakibatkan timbulnya korban, karena masing-masing membawa sajam," tegas Giro.

Dengan pemetaan yang telah dilakukan, Giro pun bakal lebih sering untuk melakukan pengawasan di malam hari.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT