Sukses Uji Coba Operasional, Erick Thohir Optimis KCJB Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Serap Lapangan Kerja

Jumat, 18 November 2022 12:43 WIB

Share
Kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB). (Foto: BUMN Track).
Kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB). (Foto: BUMN Track).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sukses melewati uji coba yang disaksikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping pada Rabu, 16 November 2022. Ini merupakan salah satu agenda Pertemuan Bilateral Republik Indonesia (RI) – Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di tengah gelaran di Bali. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimis KCJB ini akan mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi baru dan menyerap banyak lapangan kerja bagi masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Barat. 

“Tidak lama lagi kita dapat merasakan Kereta Cepat pertama di Indonesia. Ini bagian dari sejarah transportasi modern bangsa kita,” ujar Erick dikutip dari akun instagram @erickthohir, Jumat (18/11/2022).

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu mengatakan sejumlah wilayah yang dilalui Kereta Cepat diperkirakan mendapat berkah dari mobilitas masyarakat yang menggunakan jasa transportasi modern tersebut.

Erick mencatat dari sisi operasional adanya kereta cepat menyerap 13.000 tenaga kerja pada tahap konstruksi dan persiapan serta 17.000 tenaga kerja pada tahap operasional.

“Insyaallah Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga dapat menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi di sekitar wilayah yang dilewati. Dan yang terpenting bisa membuka lapangan pekerjaan baru,” ucapnya.

Erick berharap progres kereta cepat berjalan lancar dan dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan. Proses pembangunan KCJB sendiri telah mencapai 80,4% dan ditargetkan beroperasi pada pertengahan tahun 2023.

“Bismillah, semoga persiapan dilancarkan hingga nanti resmi digunakan,” harapnya.

Selain itu, Erick juga menuturkan usai Kereta Cepat Jakarta-Bandung rampung digarap, pemerintah berencana memperpanjang rute sampai ke Surabaya, Jawa Timur.

Jika perkiraan jarak tempuh Jakarta Bandung hanya memakan waktu 36-45 menit, maka jarak Jakarta-Surabaya hanya butuh sekira 4 jam, bersaing dengan moda transportasi pesawat udara.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar