Gojek Tokopedia PHK 1.300 Karyawan Demi Hadapi Tantangan Makro Ekonomi Global    

Jumat, 18 November 2022 15:39 WIB

Share
Gojek Tokopedia mengkonfirmasi PHK 1.300 karyawannya. (ist)
Gojek Tokopedia mengkonfirmasi PHK 1.300 karyawannya. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Gojek Tokopedia (GoTo) Tbk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 1.300 orang atau 12 persen dari total karyawannya di Indonesia, Vietnam, Singapura, dan India.
   
Mengutip pernyataan resmi Gojek mengkonfirmasi kebijakan tersebut diambil sebagai upaya mendorong kemandirian finansial perusahaan. Sehingga dapat memberi dam[pak positif kepada konsumen, mitra pengemudi     

Dalam keterangannya tantangan makro ekonomi global berdampak signifikan telah berdampak bagi para pelaku usaha di seluruh dunia, termasuk GoTo.

Karenanya kebijakan PHK diambil sebagai upaya GoTo mengakselerasi perusahaan demi pertumbuhan dan kemandirian bisnis secara sustainable dalam jangka panjang. 

Ke depan GoTo bakal fokus pada tiga layanan bisnis inti, yakni on-demand, e-commerce dan financial technology. Pasalnya, pertumbuhan ketiga lini bisnis itu dinilai paling konsisten. 

Sementara dalam setahun ini, GoTo mengaku telah melakukan banyak evaluasi beban biaya secara menyeluruh. Termasuk penyelarasan kegiatan operasional, integrasi proses kerja, dan melakukan negosiasi ulang berbagai kontrak kerja sama. 

Pada akhir kuartal kedua 2022, perusahaan telah melakukan penghematan biaya struktural sebesar Rp800 miliar dari berbagai aspek penghematan, seperti teknologi, pemasaran dan outsourcing. 

Kendati demikian, optimalisasi itu dinilai belum cukup untuk memperkuat keuangan perseroan. Alhasil, GoTo memutuskan untuk fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali perusahaan agar mampu lebih jauh bernavigasi di tengah kondisi ekonomi global.

Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar