ADVERTISEMENT

Wilayah Labuan Pandeglang Dua Kali Diguncang Gempa Bumi, Tak Berpotensi Tsunami.

Senin, 14 November 2022 09:41 WIB

Share
Informasi wilayah gempa bumi. (Foto: diambil dari info BMKG)
Informasi wilayah gempa bumi. (Foto: diambil dari info BMKG)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID  - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah2 Banten, mencatat sebanyak dua kali kejadian gempa bumi mengguncang wilayah Labuan, Kabupaten Pandeglang, pada Senin (14/11/2022). 

Gempa bumi pertama terjadi pada pukul 07:15 WIB dengan kekuatan 2,9 magnitudo dan kedalaman 147 kilo meter. Lokasi gempa 6.53 LS-105.94 BT (21 KM Tenggara Labuan-Banten).

Kemudian, gempa susulan terjadi pada pukul 08:13 WIB dengan kekuatan 3,1 magnitudo, dengan kedalaman 129 kilo meter. Lokasi gempa 6.50 LS-105.94 BT (18 KM Tenggara-Labuan Banten). 

Selain di Labuan Pandeglang, gempa bumi juga terjadi di hari yang sama di Bayah, Kabupaten Lebak. Gempa tersebut terjadi pada pukul 08:55 WIB dengan kekuatan 3,1 magnitudo dan kedalaman 86 kilo meter. 

Getaran yang ditimbulkan dari gempa bumi tersebut tidak terlalu terasa oleh warga sekitar, hanya segelintir orang saja yang merasakan getaran gema tersebut. 

"Iya, tadi pagi sepertinya ada gempa bumi. Tapi kecil dan tidak lama. Karena getarannya terasa kecil," ungkap Ifham, salah seorang warga Labuan, Senin (14/11/2022). 

Sementara, warga Lainnya, Suherman mengaku tidak merasakan adanya getaran gempa bumi. Namun jika melihat dari Update informasi BMKG telah terjadi dua kali gempa bumi yang berlokasi di wilayah perairan laut Labuan. 

"Kalau dari informasi BMKG memang ada dua kali kejadian gempa, karena saya selalu Update info BMKG. Tapi getarannya memang tidak terasa, hanya mungkin kejadian gempa terdeteksi oleh cuma terdeteksi BMKG saja," ujarnya. 

Peristiwa gempa tersebut lanjut dia, dirinya tidak terlalu khawatir, karena skalanya kecil dan tidan ada informasi juga yang berpotensi tsunami.

"Ya kalau besar dan getarannya tinggi kami juga khawatir. Apalagi tempat tinggal kami tidak jauh dari perairan laut Labuan, dan mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan bersama," tuturnya. (Samsul Fatoni).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT