ADVERTISEMENT

Kopi Pagi Harmoko: Aktor Oligarki Bagaikan Pengijon

Senin, 14 November 2022 07:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Parpol harus kuat, sehat dan merakyat serta mandiri untuk menjalankan  demokrasi Pancasila. Bukan demokrasi penuh intrik, saling hasut, dan adu domba. Bukan pula demokrasi yang dikendalikan oleh kekuatan oligarki.”

-Harmoko-

BELUM surut soal politik identitas, kini meruak oligarki yang ikut mengendalikan penetapan nama-nama capres. Targetnya membangun kekuatan politik dan ekonomi dalam jangka panjang dengan memenangkan capresnya pada pilpres 2024.

Kelompok oligarki inilah yang menyiapkan segala satunya guna memenangkan pertarungan, termasuk kebutuhan peluru dan finansialnya. Oligarki tak jauh beda dengan konglomerasi yang ikut menentukan dalam pengambilan keputusan politik pemerintahan karena telah berjasa menyukseskan perhelatan pilpres dengan “jagonya” yang kini menjadi penguasa.

Aktor oligarki ada yang bergabung langsung dengan parpol kemudian menjadi anggota legislatif. Ada juga yang bergerak di balik layar parpol dan kekuasaan, siap setiap saat mengucurkan modal besar, jika ada kepentingan politik.

Dalam penetapan nama-nama capres, aktor oligarki dan elite politik tentu sangat berkepentingan untuk melanggengkan kekuasaan. Mendukung seseorang menjadi capres, dengan pertimbangan akan menang.

Itulah sebabnya capres yang memiliki potensi menang dengan elektabilitas tinggi, walaupun elektabilitas semu hanya bermodalkan pencitraan di sosial media, akan mendapat banyak dukungan, tidak terkecuali para pemodal besar, yang boleh jadi antre membangun kemitraan dengan menyediakan modal menuju RI-1.

Ini wajar-wajar saja, dalam dunia politik, oligarki akan tetap ada, dan sulit dihindari. Lebih-lebih sejak pemilihan langsung,  biaya politik semakin menjadi besar. Tanpa modal besar, jangan harap kandidat dapat meraih peringkat, kecuali  figur-figur yang sudah mempunyai popularitas tinggi. Itu pun tetap perlu modal.

Dengan modal tanpa batas para aktor oligarki dapat mengobrak-abrik partai yang tidak sejalan dengan kemauan mereka. Tidak dapat dipungkiri untuk menjalankan roda partai dari tingkat atas sampai paling bawah konon diperlukan sedikitnya Rp 70 Milyar perbulannya. Uang dari mana?

Tak heran jika praktik oligarki akan diterapkan di semua level pemilihan, mulai dari bupati/walikota, gubernur hingga presiden. Kian tinggi jabatan yang hendak dicapai, semakin tinggi ongkos politik yang dikeluarkan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT