Duta Besar Timor Leste: Kami Antusias Bergabung Dalam ASEAN

Senin, 14 November 2022 07:00 WIB

Share
KTT ASEAN di Phnom Penh Kamboja.
KTT ASEAN di Phnom Penh Kamboja.

KAMBOJA, POSKOTA.CO.ID - Timor Leste selama 11 tahun lamanya berupaya untuk bergabung dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasilnya saat para pemimpin blok regional itu secara prinsip mengakui negara tersebut sebagai anggota ke-11.

Duta Besar Timor Leste untuk Kamboja Kupa Lopes berterima kasih kepada Kamboja atas dukungan yang tak tergoyahkan dalam mendorong masuknya Timor Leste ke dalam kelompok itu.

Dia menambahkan bahwa Dili dengan senang hati mematuhi misi pencari fakta untuk memungkinkan Timor Leste memperoleh keanggotaan penuh tahun depan.

"Kami antusias bergabung dalam ASEAN," kata Kupa Lopes di sela-sela KTT Pemimpin ASEAN.

"Ini sangat penting bagi Timor Leste dan ini penting bagi ASEAN juga," lanjutnya.

Dikutip dari VOA, ASEAN pada Jumat (11/11) mengatakan para anggotanya pada prinsipnya setuju untuk mengakui Timor Leste.

ASEAN juga memberikan memberikan status pengawas kepada Timor Leste yang akan memungkinkan negara itu untuk berpartisipasi dalam semua pertemuan ASEAN dan konferensi tingkat tinggi (KTT) hingga keanggotaan penuh diraih.

ASEAN mengatakan dalam pernyataan bahwa pengakuan penuh akan diraih setelah mempertimbangkan Misi Pencari Fakta untuk Timor Leste yang dilakukan oleh Masyarakat Politik Keamanan ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN, dan Masyarakat Sosial Budaya ASEAN."

Pernyataan itu mengatakan bahwa peta jalan berbasis kriteria objektif untuk keanggotaan penuh Timor-Leste termasuk berdasarkan tonggak sejarah yang diidentifikasi dalam laporan misi pencarian fakta akan diformalkan oleh Dewan Koordinasi ASEAN.

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar