ADVERTISEMENT

Wapres Serahkan Bantuan BAZNAS Microfinance Masjid di Tangerang Selatan

Sabtu, 12 November 2022 09:43 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin saat menyerahkan bantuan Microfinance Masjid kepada jemaah Masjid At Taqwa. (Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin saat menyerahkan bantuan Microfinance Masjid kepada jemaah Masjid At Taqwa. (Setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyerahkan program bantuan BAZNAS Microfinance Masjid kepada jemaah Masjid At Taqwa, di Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (11/11). 

Program BAZNAS Microfinance Masjid merupakan produk Bank Zakat Mikro yang telah berjalan di 20 masjid Jabodetabek pada tahap awal ini.

Secara simbolis, bantuan diberikan Wapres Ma'ruf Amin bersama Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, M.Si dan Prof (HC). Dr. Zainulbahar Noor, M.Ec kepada ketua DKM Masjid At Taqwa, Ali Agung serta disaksikan Wali Kota Tangerang Selatan, H Benyamin Davnie dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan, Muchrowi M.Pd., dengan total bantuan mencapai Rp100 juta yang akan memberi manfaat kepada puluhan jemaah masjid pelaku UMKM.

Wapres Ma'ruf dalam sambutannya mengatakan, BAZNAS yang memiliki beragam program yang sangat berguna bagi kesejahteraan umat. Menurut Wapres Ma'ruf, BAZNAS telah membantu peran pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui program produktif yang digulirkan.

"BAZNAS telah membantu peran pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada mereka yang tergolong miskin, lewat dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat. Semoga semakin banyak masyarakat yang terbantu, karena BAZNAS tak hanya memberikan ikan, namun juga kailnya agar mustahik bisa mandiri secara ekonomi,” ujar Wapres.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, MSi menyebut dalam program bantuan kali ini, pembiayaan BAZNAS Microfinance Masjid dijalankan dengan menggunakan prinsip al-Qardh, yaitu pembiayaan yang tidak menarik keuntungan baik dalam bentuk  bagi hasil, margin atau istilah lain sejenis. 

Prof (HC). Dr. Zainulbahar Noor, M.Ec, menambahkan, program BAZNAS Microfinance Masjid telah memberi manfaat kepada ratusan jiwa tersebar di 20 masjid termasuk masjid At Taqwa Pondok Cabe ini.

"Untuk sementara BAZNAS telah menyalurkan sekitar Rp1,7 miliar untuk membantu perkembangan jemaah. Angka ini masih kemungkinan akan bertambah karena BAZNAS ingin mengembangkan pemberian bantuan agar lebih luas, sehingga semakin banyak masyarakat rentan yang terbantu," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin melaksanakan Shalat Jum'at bersama sekitar 500 warga di Masjid At Taqwa Pondok Cabe. Bertindak sebagai Khatib adalah Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, MSi dan Imam Shalat Jum'at, Drs Aan Ashari Royani. (johara)

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT