ADVERTISEMENT

Usut Kasus Gagal Ginjal Akut, Polri Selidiki hingga Pemasok Bahan Baku

Kamis, 10 November 2022 19:02 WIB

Share
Gedung Bareskrim Polri. (Foto: Tribratanews.go.id).
Gedung Bareskrim Polri. (Foto: Tribratanews.go.id).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tim penyidik gabungan Bareskrim Polri, terus melakukan pengusutan kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) terhadap perusahaan farmasi PT Afi Farma Pharmaceutical Industries (Afi Farma/AF).

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto mengatakan, meski unsur pidana telah ditemukan penyidik masih melakukan pengembangan penyelidikan dalam kasus ini.

"(Unsur pidana sudah ada, kenapa belum ada penetapan tersangka?) Kami sedang mengembangkan (penyelidikan) ke pemasok bahan tambahan, supplier, dan importi dalam kasus ini," ujar Pipit saat dikonformasi, Kamis (10/11/2022).

Dia menjelaskan, dalam hal ini penyidik hanya tinggal mendalami adanua unsur kelalaian dan siapa pihak yang harus bertanggung jawab dalam kasus temuan gagal ginjal akut yang merenggut nyawa anak-anak di Indonesia.

 

"Jadi bukti pidananya sudah ada, tinggal mendalami apakah ada unsur kelalaian atau kesengajaaan, dan siapa-siapa saja yang harus bertanggung jawab," ucap Pipit.

Sebelumnya, kata Pipit, hasil penyelidikan teranyar tim gabungan penyidik Dittipidter Bareskrim Polri dalam pengusutan kasus gagal ginjal akut, menemukan bahan aktif pembuat obat sirup yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) saat melakukan pemeriksaan terhadap PT Afi Farma.

"Diduga memang ada kita temukan bahan tambahan namanya. Ada namanya bahan aktif, bahan aktif ini kan seperti misalnya sirup itu adalah paracetamol, itu berarti kan bahan obatnya paracetamol lah seperti itu kira-kira nah nanti kita lebih jelasnya mau nanya ahlinya," kata Dirtipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto, Rabu (9/11/2022).

 

"Bahan tambahan mana yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). Itulah nanti kita mengerucut ke sana," sambung Pipit.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT