ADVERTISEMENT

Pahlawan Sepanjang Masa (3)

Kamis, 10 November 2022 06:10 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Marilah menjadi pahlawan sejati yang memiliki jiwa dan mentalitas keterpanggilan untuk rela berjuang demi kedaulatan dan masa depan bangsa. Pahlawan sejati tidak pernah menggadaikan kedaulatan negara dan bangsanya untuk kepentingan dirinya, keluarganya dan kerabatnya, apalagi melebarkan sayap bisnisnya.

Sebagai pejabat dan pimpinan di level manapun, hendaknya meneladani sikap selalu mengabdi pada kemanusian, membela mereka yang lemah, tertindas dan terampas hak –haknya, baik di bidang politik, sosial dan ekonomi.

Level tertinggi keteladanan kepahlawanan memang sudah seharusnya dilakukan para elite yang mencintai negeri ini. Pemimpin harus bijak dan mrantasi gawe – mampu menuntaskan semua masalah, apapun masalahnya. Karena pemimpin tentu di atas segalanya, telah tercerahkan jiwanya.

Bagi rakyat, yang paling sederhana adalah bagaimana menjadi pribadi yang memberi dampak positif dalam bidang apa pun. Mampu memberi nilai tambah bagi lingkungan sekitarnya seperti dikatakan Pak Harmoko dalam kolom “Kopi Pagi” di media ini.

Jika disarikan, nilai – nilai kepahlawanan yang dibutuhkan sekarang adalah rela berkorban memperjuangkan kebenaran dan keadilan, rela menanggalkan ego pribadi untuk kepentingan umum, memberi nilai tambah bagi lingkungan sekitar, mampu membawa perubahan serta berani mengungkap kejujuran.

Nilai – nilai ini sejatinya merupakan jati diri bangsa Indonesia yang secara turun temurun sudah diterapkan para leluhur kita. Yang sudah tersurat secara jelas dan tegas dalam butir- butir pengamalan Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa kita, di era kapan pun.

Jadi kalau ditanya bagaimana pahlawan masa depan? Jawabnya adalah orang – orang yang mampu menggerakkan nilai – nilai Pancasila untuk membangun  perekonomian, menumbuhkan harapan untuk mengembangkan potensi lokal baik dalam hal sumber daya alam, sumber daya manusia, adat dan budaya bangsa serta norma – norma yang hidup sebagai jati diri bangsa.
Ini semua demi kemandirian bangsa. Karena hanya kemandirian yang mampu mengatasi segala problema, menghadang segala gempuran, menyingkirkan awan gelap resesi global.

Marilah kita menjadi pahlawan bagi lingkungan sekitar, setidaknya bagi diri sendiri dan keluarganya dengan mencetak prestasi sesuai profesi yang digeluti. Terlebih melakukan perubahan bagi banyak orang.

Selamat Hari Pahlawan. (Azisoko)

Halaman

ADVERTISEMENT

Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT