Afrika Selatan Gelar Manuver Militer Bareng Rusia - Tiongkok

Kamis, 10 November 2022 07:00 WIB

Share
Afrika Selatan (Ilustrasi)
Afrika Selatan (Ilustrasi)

AFRIKA SELATAN, POSKOTA.CO.ID - Afrika Selatan akan menggelar latihan militer bersama Rusia dan Tiongkok.

Keputusan tersebut bertentangan dengan kehendak Barat.

Di sisi lain tindakan ini menggelar manuver militer maritim trilateral kedua dengan Rusia dan Tiongkok akan menghambat upaya Barat mengisolasi Moskow dan Beijing. Demikian dikutip dari International Business Times pada Selasa (8/11/2022).

Sikap Afrika Selatan ini tidak mengejutkan. Tetapi ini merupakan pukulan lain bagi Barat yang berusaha menggabungkan belahan selatan dunia ke dalam cakupan strategis mereka.

Detail informasi seputar latihan militer bersama Afrika Selatan, Rusia, dan Tiongkok ini hanya akan bisa diakses pada bulan Desember 2022 mendatang.

Sementara Defence Web pada pekan lalu mengabarkan latihan militer tiga negara ini akan diselenggarakan pada bulan Februari 2023 di Provinsi KwaZulu-Natal di pesisir Afrika Selatan.

Manuver militer trilateral pertama digelar pada bulan November 2019 silam di kota Cape Town.

Keputusan Afrika Selatan untuk melanjutkan latihan militer maritim trilateral kedua diambil di tengah upaya Barat untuk mengisolasi Rusia karena perang Ukraina dan Tiongkok karena sikap agresifnya di kawasan Indo Pasifik. ***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar