ADVERTISEMENT

175 Sampel Kasus Gagal Ginjal Akut Diserahkan Bareskrim ke Puslabfor

Rabu, 9 November 2022 14:12 WIB

Share
Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah. (Ist)
Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tim penyidik gabungan Bareskrim Polri, terus melakukan pengusutan kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada anak dengan melibatkan perusahaan farmasi PT Afi Farma Pharmaceutical Industries (Afi Farma/AF).

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Nurul Azizah mengatakan, saat ini tim investigasi dari Dittipidter Bareskrim Polri telah melanjitkan penyelidikan terhadpa PT TGK dan PT CPNI yang diduga merupakan pihak pemasok bahan baku produksi obat sirup yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) untuk PT Afi Farma.

"Penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi terkait dengan dokumen penjualan dan penyebaran bahan baku," ujar Nurul kepada wartawan, Rabu (9/11/2022).

Nurul memaparkan, sampai saat ini pihaknya pun telah memberikan sebanyak 175 sampel kasus gagal ginjal akut kepada pihak Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri guna menganalisis lebih dalam ihwal kasus ini.

 

"Dan saat ini, Puslabfor Polri telah menerima 175 sampel kasis gagal ginjal akut yang terdiri dari obat, urine, dan darah," papar dia.

Selain itu, tambah perwira berpangkat melati tiga tersebut, tim juga bakal menghadiri gelar perkata yang dihadiri Badan Pengawas Obat dan Makanan (Bada POM).

"Rencana selanjutnya, tim gabungan akan melakukan koordinasi dengan Puslabfor terkait dengan pengembangan TKP, dan melengkapi berkas dokumen penyelidikan," terang Nurul.

Sebelumnya diberitakan, Nurul mengatalan, bahwa tim gabungan Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah staff PT Afi Farma guna membuat terang pengusutan kasus ini.

"Tim gabungan Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap staff PT AF, yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap dokumen-dokumen pembelian bahan baku, serta pengambilan sampel bahan baku yang ada," ujar Nurul kepada wartawan, Senin (7/11/2022).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT