ADVERTISEMENT

Pengamat Nilai Golkar Masih Punya Waktu Dongkrak Popularitas

Selasa, 8 November 2022 12:31 WIB

Share
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (ist)
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, menguat masuk bursa calon presiden (capres) yang akan diusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) usai pertemuan di Kota Makassar pekan lalu.

Dua anggota KIB, PAN dan PPP, sudah memberi sinyal Airlangga layak menjadi capres 2024.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Yusak Farchan, menilai, KIB memang sangat bisa untuk mendorong kader internalnya maju sebagai capres maupun cawapres, ketimbang menjadi mesin bagi kader nonparpol.

Namun menurutnya, jika Airlangga yang diajukan maka harus berjuang sampai titik akhir. Sebab, politik masih sangat dinamis menjelang pendaftaran pasangan calon dalam Pilpres 2024.

“KIB masih ada waktu, (tapi) Pak Airlangga diberikan mandat sebagai capres harus berjuang sampai titik akhir. Apakah memungkinkan dengan skenario Pak AH capres? Saya kira politik dinamis, terbuka berbagai skenario dan strategi pemenang,“ ujar Yusak dalam keterangannya, Selasa, (8/11/2022).

Menurut Direktur Eksekutif Citra Institute, sebagai Menko Perekonomian, capaian Airlangga seharusnya berbanding lurus dengan elektabilitasnya. Prestasi Airlangga di pemerintahan seharusnya bisa terus diangkat oleh Partai Golkar.

“Melihat Pak Airlangga dalam kapasitasnya sebagai Menko, dengan prestasi yang ada, penanganan COVID-19 dan bidang ekonomi harusnya beraktivitas positif terhadap elektabilitas. Apalagi kita dibayangi resesi global, namun ekonomi kita kuat. Ini tidak lepas dari kinerja perekonomian kita,“ ujar Yusak.

Sayangnya, hasil kinerja Airlangga di kabinet belum dimasifkan para kader. Akibat dari belum maksimalnya elemen partai bergerak memperkenalkan Airlangga maka tingkat keterpilihannya tidak seperti yang diharapkan.

“Ini kembali strategi Partai Golkar memasifkan capaian Pak Airlangga sehingga masyarakat Indonesia bisa mengetahui dengan baik prestasi tersebut,” kata Yusak.

Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich, menyebut seluruh kader Golkar saat ini fokus melakukan sosialisasi terkait pencapresan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Upaya itu segera dilakukan agar elektabilitas Airlangga sebagai capres bisa terus meningkat.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT