Inflasi Alami Penurunan, Jadi Bukti Dampak Kenaikan BBM Terus Mengecil

Rabu, 2 November 2022 23:19 WIB

Share
Ilustrasi Inflasi. (ist)
Ilustrasi Inflasi. (ist)

Peningkatan didorong oleh kenaikan inflasi beberapa kelompok pengeluaran seperti perumahan, transportasi, pendidikan, dan jasa penyediaan makanan dan minuman atau restoran.

“Kenaikan inflasi inti mencerminkan peningkatan permintaan domestik secara keseluruhan sejalan dengan membaiknya kondisi pandemi,” tegasnya.

Untuk inflasi administered price, tercatat bergerak stabil pada 13,3 persen yoy didorong oleh dampak lanjutan penyesuaian harga BBM (bensin dan solar) di September.

"Bantuan sosial tambahan berupa bantuan langsung tunai dan bantuan subsidi upah terus disalurkan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat," lanjut Febrio.

Kementerian Keuangan sendiri berkomitmen untuk terus mengendalikan inflasi baik di pusat maupun daerah, terutama untuk meredam dampak rambatan kenaikan BBM.

Adapun, upaya yang kini ditempuh lewat operasi pasar di berbagai daerah untuk menjaga stabilitas harga pangan dengan koordinasi antara TPIP dan TPID.

"Peran Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) telah berhasil menjaga inflasi volatile food. Kinerja baik ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Ke depan, tekanan inflasi terkait efek musiman khususnya musim penghujan masih harus diwaspadai bersama," pungkas Febrio. (wanto)

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar