ADVERTISEMENT

Sudah Sampai di Jakarta, Obat Gagal Ginjal Akut Langsung Didistribusikan ke Rumah Sakit

Senin, 31 Oktober 2022 15:47 WIB

Share
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti. (foto: poskota/yono)
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti. (foto: poskota/yono)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyampaikan bahwa obat penyakit gagal ginjal akut sudah sampai di Jakarta.

"Obat sudah sampai di Indonesia, sudah sampai di Jakarta," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI, Widiyastuti saat dihubungi, Senin 31 Oktober 2022.

Untuk saat ini, dikatakan Widyastuti, pihaknya sedang mendistribusikan obat tersebut ke Rumah Sakit (RS) yang ada di Jakarta.

"Nah di Jakarta saat ini masih dibagikan, didistribusikan ke rumah sakit yang merawat. Setelahnya nanti kita lihat. Biasanya kan regulasi akan terus bergerak," tutur Widyastuti.

Anak buah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ini mengatakan, bahwa yang mendistribusikam obat tersebut adalah Kementerian kesehatan (Kemenkes) terus dilanjutkan ke fasilitas kesehatan (fakes).

Karena jumlah kasusnya masih relatif belum banyak, kata Widuyastuti, maka hanya terfokus di beberapa rumah sakit saja. Sehingga supaya cepat langsung ke faskes yang merawat. 

"Tapi tidak menutup kemungkinan langsung akan bergerak berbeda sesuai dengan kondisi, seperti halnya distribusi obat maupun vaksin, biasanya juga bisa melalui Dinkes, itu nanti kita lihat," tututnya.

Widyastuti juga menjelaskan untuk pemberian obat nantinya, tergantung pada sifat dan kondisi pasien yang mengidap kasus ginjal akut dan kandungan zat yang terdampak dalam tubuh pasien. 

"Tentu kalau sudah tidak terdeteksi tentu juga pasti ada pembubaran dalam proses. Bisa bertanya kepada dokter spesialis dan juga pada anak," tandasnya.

Diketahui, berdasarkan rilis kemenkes, tercatat hingga 30 Oktober 2022 kemarin jumlah orang yang mengidap gagal ginjal akut sebanyak 142 orang. Pasien meninggal dunia sebanyak 70 kasus, 50 pasien sembuh dan yang masih dalam perawatan ada sebanyak 22 pasien. (aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT