ADVERTISEMENT

Elvis, Motor Listrik Konversi Karya Siswa SMKN 55 Jakarta Siap Mengaspal di Jalanan Ibukota

Senin, 31 Oktober 2022 14:19 WIB

Share
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan tengah mencoba Elvis, motor listrik karya siswa SMKN 55 Jakarta. (ist)
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan tengah mencoba Elvis, motor listrik karya siswa SMKN 55 Jakarta. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Perwujudan Tema Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 "Bersatu Bangun Bangsa",  siswa-siswi SMKN 55 Jakarta berhasil mengkonversi motor berbahan bakar minyak menjadi listrik dan diberi nama Elvis (Electric Vehicle Conversion). 

Motor konversi ini merupakan hasil kolaborasi antara SMKN 55 Jakarta dengan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melalui program PLN Peduli. PLN dan SMKN 55 berkomitmen dalam mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-77 yang diperingati pada 27 Oktober, PLN UID Jakarta Raya bersama SMKN 55 Jakarta meluncurkan Elvis dan melakukan uji coba di jalanan Ibukota. 

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengaku bangga kepada siswa-siswa SMKN 55 Jakarta yang telah berhasil membuktikan kemampuannya untuk mengubah motor berbahan bakar minyak menjadi motor berbahan bakar energi listrik. 

Dalam kurun waktu kurang lebih 4 (empat) bulan, siswa-siswa SMKN 55 Jakarta berhasil mengkonversi 5 motor konvensional menjadi motor listrik dengan tipe BLDC Hub dengan durasi konversi untuk masing-masing motor di rentang waktu antara 2 minggu hingga 1 bulan.

Kelima motor konversi tersebut sebelumnya merupakan motor bebek matik seperti Honda Spacy, Honda Supra X 125, Honda Vario 110, Honda Kharisma, dan Yamaha Mio Sporty. 

Motor yang dikonversi memiliki 2 tipe charger, yaitu 2 Ampere dengan durasi waktu pengisian antara 9-10 jam dan 4 Ampere dengan durasi waktu pengisian antara 3-4 jam. Jarak tempuh yang dapat digunakan motor konversi antara 30-50 km dengan kecepatan maksimal 50 km/jam. 

“Kami sangat senang bisa mendukung siswa-siswa SMKN 55 Jakarta dalam mengkonversi motor BBM menjadi motor listrik. Saya sudah mencoba Elvis sambil mengelilingi Gambir hingga Tugu Tani dan membuktikan sendiri bahwa karya siswa SMKN 55 Jakarta ini layak mengaspal di jalanan Ibukota”, ungkap Doddy. 

Kepala Sekolah SMKN 55 Jakarta, A. Djamilah saat peluncuran Elvis mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun PLN yang ke -77 sekaligus mengucapkan terima kasih kepada PLN. Semoga PLN selalu jaya dalam menerangi Indonesia. 

“Terima kasih kami ucapkan kepada PLN atas kesempatan yang diberikan kepada anak didik kami di SMK Negeri 55 berupa pengetahuan dan pembelajaran untuk mengkonversi motor BBM menjadi motor listrik. Dukungan yang diberikan sangat bermanfaat untuk menunjang pembelajaran di sekolah kami,” ungkap Djamillah. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT