ADVERTISEMENT

58 Warga Kota Serang Terjangkit HIV, Penyimpangan Seksual Jadi Penyumbang Terbesar

Kamis, 27 Oktober 2022 11:49 WIB

Share
Ilustrasi HIV/AIDS.(dok)
Ilustrasi HIV/AIDS.(dok)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 58 warga Kota Serang dinyatakan positif terjangkit HIV/AIDS. Salah satu penyebabnya akibat perilaku seks menyimpang.

Penyimpangan seks berupa hubungan badan antara lelaki dengan lelaki atau biasa disebut Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL).

Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Serang, Ahmad Budiman mengatakan, kasus masyarakat terjangkit AIDS didominasi laki-laki dengan rentan usia 15 sampai 25 tahun. Angka 58 terjangkit AIDS itu berdasarkan data dari Januari hingga Oktober 2022.

"Sementara paling banyak yang terkena itu lelaki, usianya fluktuatif bahkan ada kasus yang 15 tahun," katanya, Kamis (27/10/2022).

Menurutnya, angka warga terjangkit AIDS/HIV mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tapi pihaknya tidak memberikan data secara spesifik.

Gaya hidup menjadi faktor utama dalam peningkatan kasus AIDS/HIV. Terdapat pola perubahan yang menjadikan 58 warga terjangkit penyakit tersebut.

"Mungkin tren kasus ini meningkat karena gaya hidup. kalau tahun 1998 sampai 2.000 kebanyakan ditemukan akibat penggunaan narkoba dan jarum suntik. Kemudian 2005 kasus pada ibu-ibu, makin ke sini banyak ditemukan pada komunitas gay," ujarnya.

Ia menyatakan, penanggulangan terhadap HIV/AIDS harus dilskukan secara bersama-sama. Terutama program di masing-masing intansi pemerintahan.

"Kami dorong mereka membuat anggaran dalam membuat program, misalnya Dindikbud melalui sosialisasi di sekolah-sekolah," tutupnya. (Bilal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT