ADVERTISEMENT

Waspadai Resesi Global, Pemerintah Siapkan Rencana Strategis di Bidang Ekspor

Minggu, 23 Oktober 2022 21:00 WIB

Share
Ilustrasi Resesi (foto/ist)
Ilustrasi Resesi (foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyusun rencana strategis untuk mempertahankan kinerja ekspor Indonesia pada tahun depan.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak, Yon Arsal mengungkapkan langkah ini ditempuh sebagai upaya mitigasi di tengah proyeksi ekonomi global yang bakal tertekan lebih dalam dibanding periode 2022.

“Tentu ini akan terus kita cermati (resesi global) dari waktu ke waktu kira-kira dampak pertamanya akan ada di area yang mana,” ujar Yon dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, (23/10/2022).

Menurut Yon, situasi perekonomian dunia yang tidak lebih baik di tahun depan menuntut pemerintah meningkatkan kewaspadaan seiring sikap optimistis yang tetap dijaga.

“Dengan potensi resesi global, ini bisa menyebabkan ekspor kita tertunda. Tentu pemerintah akan mencermati apa dampaknya terhadap sektor-sektor yang penting, seperti industri pengolahan maupun dari sektor-sektor di area perdagangan,” tutur Yon.

 

Anak buah Sri Mulyani itu pun memastikan jika pemerintah siap mengambil kebijakan responsif sekaligus adaptif dalam mengimbangi situasi yang terjadi di masa mendatang.

“Tentu kita akan lihat terus perkembangannya seperti apa karena ini masih akan sangat dinamis,” tegas dia.

Sebagai informasi, ramalan soal ekonomi dunia yang makin suram tercermin dari risalah IMF terbaru yang merevisi ke bawah pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,2 persen. Angka tersebut malah kembali anjlok jadi 2,5 persen pada 2023 mendatang.

Adapun, faktor utama menurunnya produktivitas itu dipicu oleh outlook tiga besar ekonomi dunia yang bakal amblas, yaitu Amerika Serikat, China, dan Kawasan Eropa.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT