ADVERTISEMENT

Tak Perlu Khawatir, Cara Ampuh Redakan Batuk Secara Alami

Jumat, 21 Oktober 2022 18:08 WIB

Share
Ilustrasi seseorang batuk. (Foto/Freepik)
Ilustrasi seseorang batuk. (Foto/Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mengatasi batuk bisa menggunakan cara alami tanpa perlu mengonsumsi sirup obat batuk yang saat ini tengah menjadi sorotan publik. Cara alami untuk meredakan batuk terbilang mudah ditemukan dan cukup aman. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru-baru ini menghentikan sementara peredaran dan penggunaan obat cair. Hal ini dikarenakan adanya kasus gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak di Indonesia. 

Padahal, sirup obat cair kerap kali digunakan para orangtua untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, salah satunya ketika anak maupun orang dewasa mengalami batuk-batuk. 

Namun, ditengah kasus yang terjadi, meredakan batuk tak hanya bisa diatasi dengan penggunaan sirup obat, tetapi bisa dengan cara alami.

Melansir Medical News Today dan Healthline, beberapa cara alami meredakan batuk yang mudah ditemukan. 

1. Madu

Dalam tinjauan studi tahun 2021, para peneliti melihat efek penggunaan madu untuk mengobati batuk pada infeksi saluran pernapasan atas. Para peneliti menemukan bahwa madu lebih unggul dari perawatan biasa. 

Selain itu, para peneliti juga membandingkan madu dengan obat OTC yang mengandung dekstrometorfan, penekan batuk.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa baik madu dan dekstrometorfan bekerja untuk menekan batuk. Namun, madu dikatakan lebih efektif dibandingkan obat tersebut. 

Untuk mengonsumsi madu sebagai obat untuk meredakan batuk secara alami, bisa dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Adinda Salsa
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT