Tanah Longsor di Kota Bogor 4 Orang Tewas dan Lainnya Masih Dicari, BNPB Serahkan Bantuan Rp250 Juta

Jumat, 14 Oktober 2022 13:29 WIB

Share
Pencarian korban tanah longsor di Lebak,(Ist)
Pencarian korban tanah longsor di Lebak,(Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bencana hidrometeorologi basah kembali menelan korban dan kerusakan bangunan. BPBD Kota Bogor melaporkan tanah longsor mengakibat empat orang tewas, dan tiga lainnya masih dalam pencarian

Abdul Muhari, Ph.D.,Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (14/10/2022), Tim Gabungan masih melakukan pencarian tiga warga Kota Bogor pascalongsor.

"Peristiwa tanah longsor  ini berlangsung setelah hujan lebat pada struktur tanah labil terjadi pada Rabu (12/10), pukul 12.30 WIB," tutur Abdul Muhadi..

Insiden ini terjadi di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tim gabungan berasal dari BPBD Kota Bogor, TNI, Polri, Basarnas, relawan dan warga setempat. 

Sementara itu, banjir juga menerjang beberapa wilayah di kota ini. Pusat Pengendalian Operasi BNPB menginformasikan lima kecamatan di Kota Bogor terdampak banjir dan tanah longsor.

Sebanyak 35 KK atau 76 jiwa terdampak bencana ini. Saat ini teridentifikasi 1 KK atau 3 jiwa mengungsi ke tempat yang aman . 

Bencana juga menyebabkan kerusakan antara lain rumah rusak berat 1 unit dan rusak ringan 2 unit. Tercatat terdampak meliputi fasilitas pendidikan 1 unit dan rumah 18. Sebanyak 6 unit rumah lainnya terancam akibat struktur tanah labil. 

Pusdalops BNPB menyebutkan sejumlah wilayah terdampak banjir dan longsor yaitu Kelurahan Kedung Halang, Tanah Baru dan Tegal Gundil di Kecamatan Bogor Utara. 

Selanjutnya, Kelurahan Gunung Batu, Pasir Jaya, Margajaya, Cilendek Barat dan Menteng di Kecamatan Bogor Barat.

Kelurahan Genteng, Pamoyanan, Pakuan, Sempur, Muara Sari dan Cikaret di Kecamatan Bogor Selatan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar