Gantikan Irjen Teddy Minahasa yang Berkasus, Kapolri Tunjuk Irjen Toni Harmanto Sebagai Kapolda Jatim Baru

Jumat, 14 Oktober 2022 20:02 WIB

Share
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan pemberian jabatan Kapolda Jawa Timur kepada Irjen Teddy Minahasa (TM), usai diduga terlibat dalam kasus perdagangan narkotika.(Foto: Ahmad Hawaari)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan pemberian jabatan Kapolda Jawa Timur kepada Irjen Teddy Minahasa (TM), usai diduga terlibat dalam kasus perdagangan narkotika.(Foto: Ahmad Hawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan pemberian jabatan Kapolda Jawa Timur kepada Irjen Teddy Minahasa (TM), usai diduga terlibat dalam kasus perdagangan narkotika.

Untuk menggantikan Irjen Teddy Minahasa yang berkasus, Kapolri menunjuk Kapolda Sumatera Selatan Irjen Toni Harmanto sebagai Kapolda Jawa Timur yang baru.

Penunjukan Irjen Toni Harmanto sebagai Kapolda Jawa Timur yang baru tertuang dalam Surat Telegram rahasia (TR) bernomor ST/2223/X/KEP/2022 tanggal 14 Oktober 2022, yang dibubuhi tanda tangan Karo SDM Polri, Irjen Wahyu Widada.

Sementara Irjen Teddy Minahasa yang sebelumnya ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Nico Afinta, dimutasikan menjadi Perwira tinggi (Pati) Pelayanan Markas (Yanma) Polri.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, membatalkan pemberian jabatan baru bagi Irjen Teddy Minahasa (TM) yang sebelumnya ditunjuk untuk menempati jabatan Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Nico Afinta.

Hal ini, dilakukan Listyo sebagai bentuk dan langkah tegas Polri dalam menindak anggota-anggotanya yang menyalahi wewenang.

"Terkait dengan posisi Irjen TM yang kemarin baru saja kita keluarkan TR (Surat Telegram rahasia) untuk mengisi Polda Jatim, hari ini saya keluarkan TR pembatalan," jata Listyo dalam jumpa pers di kantornya, Jum'at (14/10/2022).

Mantan Kapolda Banten itu melanjutkan, dengan pembatalan tersebut, maka akan ditunjuk kembali perwira tinggi (Pati) Polri untuk menggantikan Irjen Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jawa Timur.

"Kita ganti dengan pejabat yang baru," ujar Listyo.

Adapun dalam penangkapan Irjen Teddy Minahasa, ucap dia, hal ini akan dijelaskan lebih dalam oleh Kapolda Metro Jaya nanti.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar