ADVERTISEMENT

Berkunjung ke Stadion Kanjuruhan, Menteri PUPR Lakukan Audit dan Evaluasi Teknis

Jumat, 14 Oktober 2022 12:04 WIB

Share
Menteri PUPR. (Foto: Kementerian PUPR)
Menteri PUPR. (Foto: Kementerian PUPR)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengunjungi Standion Kanjuruhan untuk melakukan audit dan evaluasi teknis stadion tersebut, Kamis (13/10/2022).

Kunjungan Basuki ke Stadion Kanjuruhan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali ini didampingi Bupati Malang, M. Sanusi.

Dalam kunjungannya, kedua menteri bersama Bupati Malang ini melakukan rapat internal di ruangan stadion, tempat yang menjadi ruang ganti pemain Arema FC. 

Pengauditan dan evaluasi teknis ini dilakukan bukan hanya mencari penyebab terjadinya tragedi yang menewaskan ratusan korban, tetapi untuk menjaga agar kejadian Kanjuruhan tidak terjadi lagi. 

Pengauditan yang dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi ini menghasilkan tujuh rekomendasi, salah satunya merenovasi Stadion Kanjuruhan secara keseluruhan. 

Basuki mengatakan bahwa hasil audit dan evaluasi teknis akan dilaporkan kepada Tim Gabungan Independen Pencari Fakta, sebelum dilaporkan ke Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Basuki menyebutkan bahwa pihaknya harus mendesain ulang untuk renovasi secara keseluruhan Stadion Kanjuruhan agar menjadi stadion yang layak untuk menggelar pertandingan sepak bola. 

‘’Setelah dari sini kita akan langsung desain dan semua tribun akan kita tutup dengan dipasang atap yang melingkar. Minimal seperti Stadion Manahan Solo. Mudah-mudahan desain bisa selesai dalam 3-4 bulan ke depan," kata Basuki dalam laman resmi Arema FC. 

"Pokoknya di tahun 2023, kita mulai dikerjakan karena sudah menjadi perintah Presiden. Mudah-mudahan 1 tahun selesai sehingga dari renovasi ini yakni bisa dimanfaatkan lagi dan menghilangkan jejak atau kesan. Nanti kita juga bangunkan monumen untuk bisa mengingat para korban musibah Kanjuruhan. Ada lima poin yang disampaikan FIFA nomor satunya adalah menyusun standar keamanan bangunan atau stadion jadi ini utama,” lanjutnya.
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT