ADVERTISEMENT

Cara Unik Keringkan Gadget yang Basah Akibat Kena Guyur Hujan, Bisa Pakai Beras

Kamis, 13 Oktober 2022 18:34 WIB

Share
Ilustrasi gadget basah terkena hujan. (Foto: Ist).
Ilustrasi gadget basah terkena hujan. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menuju akhir tahun, beberapa wilayah di Indonesia kerap mengalami musim hujan. Kondisi ini berpotensi membuat masyarakat waspada terhadap barang-barang milik mereka agar tidak basah kuyup diguyur hujan, salah satunya adalah gadget.

Tak dipungkiri kita pernah mengalami musibah kecil di musim hujan, mulai dari jemuran yang susah kering hingga gadget yang basah. Untuk mengeringkan gadget yang basah, perlu sejumlah trik agar kamu tak sembarangan mengatasinya.

Sebelum mengeringkan gadget, pengguna perlu mematikan gadget dan melepaskan bagian-bagian yang dapat dilepaskan, seperti SIM Card pada ponsel.

Bagian-bagian yang dilepaskan tersebut bisa dikeringkan dengan handuk atau kain. Kemudian, untuk gadget kecil seperti ponsel, pengguna dapat menggoyang-goyangkannya untuk mengeluarkan air dari lubang port.

Setelah kedua langkah tersebut, pengguna dapat memasukkan gadget ke gundukan beras. Meski terdengar seperti mitos, nyatanya beras memiliki kemampuan menyerap air yang sangat baik, sehingga dapat berguna untuk mengeringkan gadget kita.

Diamkan gadget selama 24 jam di dalam beras, dan coba nyalakan gadget. Masukkan kembali gadget ke dalam beras jika cara tersebut belum berhasil.

Pengguna juga dapat mengganti beras dengan silica gel yang sama-sama memiliki kemampuan penyerapan cairan yang baik.

Dilansir dari Which Computing, Kamis (13/10/2022), berikut cara mengeringkan laptop yang basah terkena hujan:

1. Matikan laptop

2. Balik laptop agar cairan tidak mengenai mesin

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT