ADVERTISEMENT

Berkat Jokowi dan Ahok, Anies Baswedan Tak Bakalan Mampu Mengendalikan Banjir Jakarta

Kamis, 13 Oktober 2022 19:46 WIB

Share
Banjir ibukota.(Foto: Poskota)
Banjir ibukota.(Foto: Poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna mengatakan, keberhasilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam penanganan banjir tak terlepas dari jasa Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Keberhasilan seorang gubernur itu karena jasa gubernur sebelumnya. Jadi penanganan banjir di Jakarta adalah kinerja bersama antargubernur, tidak bisa satu gubernur," kata Yayat kepada awak media, Kamis (23/10/2022).

Yayat menilai, banjir dua tahun belakangan ini semakin terkendali karena beberapa lokasi yang rawan terjadinya banjir telah ditata oleh pemerintah sebelum Anies. Salah satunya yaitu, program naturalisasi sungai di kawasan Kampung Pulo. 

Maka dengan adanya naturalisasi tersebut potensi banjir semakin terkendali saat Anies menjabat sebagai orang nomor satu di Jakarta yang sebelumnya dilakukan di era Gubernur Ahok.

"Jadi (banjir) berkurang di tahun 2020-2021, karena sudah ada di Kampung Pulo dan Pintu Air Manggarai dari dua sudah menjadi tiga," ungkapnya.

Dengan begitu, Yayat menyebut, Gubernur Anies tinggal menikmati kesuksesan naturalisasi program pimpinan sebelumnya, hingga potensi banjir di Jakarta tak telalu besar, seperti dua tahun lalu.

Maka dari itu, dampaknya sangat berpengaruh terkait besarnya potensi banjir, sehingga hasil ini (banjir 2021) karena performance yang sebelum dilakukan (2013-2017). 

 

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT