ADVERTISEMENT

Jadi yang Pertama di Jakarta, Bazar Kuliner Halal BKB Matraman Ramai Dibanjiri Warga

Senin, 10 Oktober 2022 17:33 WIB

Share
Kawasan Bazar Kuliner Halal binaan Baznas ramai dibanjiri warga. (foto: ist)
Kawasan Bazar Kuliner Halal binaan Baznas ramai dibanjiri warga. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kawasan Bazar Kuliner Halal binaan Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta termasuk program JAK B berdaya diminati masyarakat.

Pada akhir pekan lalu, kawasan bazar kuliner ini dibanjiri warga yang hendak bersantap sarapan pagi hingga makan siang. Bazar kuliner halal Baznas Bazis adalah program yang terkait dengan pemberdayaan ekonomi umat. 

"Terkait program Bazaar kuliner di Matraman ini merupakan program pemberdayaan ekonomi umat yang baru dilaksanakan pada tahun 2022," ujar Ketua Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta DR Achmad Abubakar, MA dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin 10 Oktober 2022.

Menurut Abubakar, bazar kuliner halal ini berupa revitalisasi kawasan pedagang kaki lima yang telah ada namun belum terkonsep secara baik dan dikemas menjadi usaha yang visiable dan menarik bagi pengunjung. 

"Konsep terhadap BKB Matraman ini adalah menjadi kawasan destinasi wisata kuliner halal serta higienis yang terintegrasi dengan masjid," ucapnya.

Menyatunya halaman masjid dengan bazar ini sebagai upaya mengintegrasikan antara kegiatan masjid dan pemberdayaan ekonomi, sehingga masjid dapat berperan dalam pembinaan keagamaan para pedang, dan para pedagang pun diberikan peran berkontribusi dalam memakmurkan masjid.

"Untuk memastikan makanan di BKB halal, Baznas (Bazis) telah bekerjasama dengan BPPOM MUI memberikan pelatihan kepada pedagang dan terus dilakukan pengawasan," katanya menambahkan.

Selanjutnya terkait kebersihan dan kesehatan makanan Baznas (Bazis) telah bekerjasama dengan APKEPI (Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia) berupa pelatihan, pembinaan dan pengawasan.

Bazar kuliner halal ini telah disiapkan 32 kios baru dengan konsep ramah lingkungan dan artistik, sehingga para pedagang dapat dengan nyaman menempati kios tersebut.

 Selanjutnya kepada warga DKI Jakarta yang ingin menikmati kuliner halal, bersih dan sehat, serta ingin wisata rohani dengan mengunjungi masjid yang bersejarah, BTB Matraman dapat menjadi pilihan yang tepat dan merupakan kawasan halal pertama di Jakarta.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT