ADVERTISEMENT

Tidak Hanya Berdampak bagi Pasangan, Ini Dampak Buruk Perselingkuhan bagi Anak

Minggu, 9 Oktober 2022 11:24 WIB

Share
Dampak buruk selingkuh bagi anak. (Foto/Freepik)
Dampak buruk selingkuh bagi anak. (Foto/Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Perselingkuhan nyatanya tidak hanya berdampak buruk bagi pasangan, tetapi bisa berdampak buruk kepada anak. 

Salah satu perilaku yang menjadi masalah besar ini menyebabkan rasa sakit hati, kecewa, serta merasa dikhianati bagi seseorang yang menjadi korban perselingkuhan. 

Mengutip dari beberapa sumber, sekitar 25-70 persen anak yang mengetahui perselingkuhan orangtuanya. Namun, tak sedikit juga orangtua yang pandai menyembunyikan kasus tersebut. 

Padahal, dampak buruk yang terjadi membuat anak mengalami syok, marah, gelisah, bahkan malu dengan lingkungan sekitar. 

Malu yang dirasakan anak terjadi karena keluarganya yang berpisah dan anak tidak memiliki orangtua yang lengkap.  Tidak hanya itu, anak juga bisa memiliki masalah dalam membangun kepercayaan serta cinta kasih kepada orang lain di kemudian hari.

Selain itu, menjadi sulit percaya kepada orang lain akibat mengetahui perselingkuhan orangtuanya bisa membuat anak dengan mudah bermain  komitmen pada satu orang. 

Di sisi lain, jika anak mengetahui salah satu orangtuanya berselingkuh dan diperintah untuk merahasiakannya, anak dapat mengalami beban mental yang luar biasa.

Hal ini dikarenakan rasa bersalah yang ditanggung akibat menyembunyikan perselingkuhan, tekanan dari orangtua yang berselingkuh, rasa dikhianati kepada salah satu orangtuanya. Bahkan, jika ini terus dilakukan bisa membuat anak mengalami depresi dan kecemasan. 

Jika anak sudah dewasa, dengan mudahnya bisa menyepelekan pernikahan karena menganggap bahwa pernikahan bukanlah suatu hal yang sakral dan kesetiaan itu tidaklah penting. 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT