ADVERTISEMENT

Angka Kekerdilan Sangat Mengkhawatirkan, Ma'ruf Amin Ajak Pendakwah Kampanyekan Pola Hidup Sehat

Kamis, 6 Oktober 2022 12:48 WIB

Share
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (foto: ist)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan, Hasil Studi Status Gizi Indonesia 2021 mencatat kurang lebih 1 dari 4 balita Indonesia mengalami stunting atau kekerdilan. Angka stunting tersebut sudah sangat mengkhawatirkan. 

"Stunting berpotensi mendatangkan impak berlipat, karena mengganggu perkembangan otak anak, hingga mengancam raihan produktivitasnya ketika dewasa kelak," tutur Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Kamis 6 Oktober 2022. 

Wapres mengatakan, artinya, stunting bukan sekadar isu kesehatan, melainkan juga problem kemanusiaan, bahkan dapat menghambat perekonomian dan masa depan pembangunan negara.

"Pemerintah secara agresif telah mengambil langkah penanganan stunting. Untuk mencapai target stunting 14 persen pada 2024, dibutuhkan kerja cepat, kerja cerdas, dan yang terpenting, kerja kolaborasi semua pihak, termasuk partisipasi aktif penyuluh agama, da’i, dan da’iyah," tutur Wapres. 

Wapres berkata karakteristik masyarakat Indonesia ini menawarkan peluang yang harus kita tangkap, yaitu edukasi melalui pendekatan keagamaan. Apalagi sekitar 87 persen penduduk Indonesia adalah umat muslim.

Untuk itu, Ma'ruf Amin mengajak pendakwah turut serta mengkampanyekan pola hidup sehat. 

"Oleh karena itu, peran tokoh agama, pimpinan organisasi masyarakat Islam, penyuluh agama, da’i, dan da’iyah sangat strategis dalam mendorong penurunan stunting," ujarnya.

Wapres mengungkapkan ada beberapa hal penting yang dapat disampaikan para pendakwah untuk mendorong percepatan penurunan stunting.

"Pertama, ajakan hidup bersih dan sehat. Jagalah kebersihan rumah dan lingkungan, termasuk di dalamnya stop buang air besar sembarangan, " ungkap Wapres. 

Kedua, ajakan makan makanan bergizi, terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi berusia dua tahun. Asupan gizi yang baik menjadi kunci pertumbuhan dan perkembangan agar anak terhindar dari stunting. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT