ADVERTISEMENT

Nasdem Nyolong Start Tetapkan Capres, Pengamat:Bisa Gerus Elektoral Golkar di Pilkada Banten

Selasa, 4 Oktober 2022 11:02 WIB

Share
Pengamat Politik, Adib Miftahul,(bilal)
Pengamat Politik, Adib Miftahul,(bilal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG POSKOTA.CO.ID - Partai Nasdem sudah nyolong start dalam mengusung Capres Pemilu 2024. Anies Baswedan menjadi pilihan untuk memenangkan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan.

Dalam Pencapresan di 2024, suara Anies diprediksi bisa berpengaruh pada pendapatan suara Nasdem di daerah. Siapapun sosok calon kepala daerah akan mendapatkan suara elektoral.

Pengamat Politik, Adib Miftahul mengatakan, pencalonan Anies Baswedan sebagai Capres akan berdampak positif pada suara elektoral di daerah. Nasdem akan diuntungkan dan Golkar diprediksi tergerus suaranya.

"Inilah yang akan membuat Banten survive. Kira-kira partai yang kegerus Golkar karena militansi PDIP, Gerindra, berbeda dari militensinya Golkar," katanya, Selasa (4/10/2022)

Ia menjelaskan, Banten dalam peta lokal dalam Pilpres akan kencang dalam politik identitasnya. Saat ini, suka atau tidak suka Anies simbol oposisi dari pemerintahan. Hal itu akan menjadi magnet elektoral di Banten menjadi kuat.

"Jadi bahwa Nasdem akan meraup suara elektoral berkat Anies Baswedan di nasional, di lokal bakal unjuk gigi. Karena politik identitas di Banten kuat," jelasnya.

Dalam perhelatannya, Pilkada di Banten akan semakin menarik lantaran kandidat kuat telah bermunculan, seperti Airin Rachmi Diany dari Golkar, Rano Karno (RK) dari PDIP, Wahidin Halim (WH) meski belum pasti dari Nasdem, Iti Octavia dari Demokrat dan Desmond J. Mahesa dari Gerindra.

Menurutnya, Anies efek akan menekan suara Golkar di Banten. Maka yang perlu waspada adalah tim Airin Racmi Diany lantaran suara elektoralnya stagnan.

"Anies efek akan membuat pertarungan seru di Pilkada Banten karena secara tidak langsung WH, Airin, RK, akan mendapat suara hampir imbang. Yang patut berhati-hati Airin karena suara Golkar, kepopuleran Golkar ada yang stagnan," ujarnya. (Bilal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT