Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Ternyata Baik Dicoba

Selasa, 4 Oktober 2022 13:03 WIB

Share
Ilustrasi Teh Hijau. (Ist./Pixabay)
Ilustrasi Teh Hijau. (Ist./Pixabay)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Siapa yang tidak tahu minuman teh hijau atau dikenal green tea. Minuman teh ini ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk Kesehatan tubuh dan dijadikan kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat.

Di negara Jepang dan Cina, teh hijau biasa digunakan sebagai pengobatan. Manfaat teh hijau ternyata baik untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan hingga dipercaya meningkatkan kecantikan.

Dikutip berbagai sumber, teh hijau memiliki beberapa nutrisi seperti energi, protein, magnesium, kalium, dan kafein. Selain itu, green tea juga memiliki kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan.

Dalam 100 gram teh hijau terkandung berbagai nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium, kalium, tembaga, zinc, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C. Kandungan tersebut membuat minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Khasiat dari teh hijau sudah diketahui sejak lama berikut manfaatnya :

1. Mencegah risiko penyakit jantung Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh. Teh hijau dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut, sehingga risiko penyakit jantung juga bisa berkurang.

2. Mencegah kanker Selain penyakit jantung, manfaat minum teh hijau lainnya yakni bisa mencegah penyakit kanker. Senyawa aktif polifenol yang ada di dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun demikian, kajian ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar bisa dipastikan bahwa teh hijau ini bisa untuk mencegah atau bahkan mengobati kanker.

3. Mencegah risiko diabetes Teh hijau bisa juga digunakan untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan, teh hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja insulin dan mampu mengurangi kadar glukosa di dalam darah. Dengan kadar gula yang terkontrol, maka risiko diabetes bisa berkurang.

4. Menjaga tekanan darah Kandungan polifenol yang ada di dalam teh hijau juga membuatnya memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat teh hijau juga bisa membuat otot pada pembuluh darah menjadi rileks.

5. Meningkatkan fungsi otak Kandungan kafein dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat adenosin. Itu merupakan senyawa yang menimbulkan rasa kantuk. Sehingga jika Anda merasa kurang fokus karena mengantuk, minum teh hijau bisa menjadi solusinya. Selain itu, teh hijau juga dipercaya bisa meningkatkan daya ingat. Kombinasi antara kafein dan asam amino di dalam teh hijau bisa membantu kerja otak lebih baik dibandingkan dengan kopi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar