Survei Indikator Politik Indonesia: Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Jokowi Melejit

Minggu, 2 Oktober 2022 17:22 WIB

Share
Presiden Jokowi. (Foto/Instagram@jokowi)
Presiden Jokowi. (Foto/[email protected])

JAKARTA, POSKOTA.CO.IDSurvei terbaru Indikator Politik Indonesia menemukan adanya kenaikan tingkat kepuasan masyarakat (approval rate) terhadap kinerja Presiden Jokowi. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyatakan kenaikan tersebut bahkan terjadi hanya dalam waktu sepekan. 

Pada survei terbaru, 13-20 September 2022, tingkat kepuasan presiden kini berada di angka 67,2 persen. Pada survei sebelumnya, yakni dalam rentang 5-10 September 2022, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi masih berada di angka 62,6 persen. Artinya, dalam waktu sepekan, ada kenaikan hampir 5 persen. 

“Dalam temuan kami, mayoritas yang menyatakan puas dilatari alasan bahwa presiden sering memberikan bantuan kepada rakyat kecil,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Kondisi Sosial, Politik, Ekonomi dan Hukum secara virtual, Minggu (2/10/2022).

Survei Indikator melibatkan 1.220 responden, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Menurut Burhanuddin, wawancara dengan responden dilakukan melalui tatap muka langsung. 

Burhanuddin menjelaskan, dari kelompok responden yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi saat ini, 38,9 persen di antaranya melatari alasan tersebut karena presiden kerap memberikan bantuan kepada rakyat kecil. 

“Ini jumlah tertinggi mengenai alasan puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Kelompok ini menilai presiden sering memberi bantuan kepada rakyat kecil,” kata Burhanuddin. 

Selain itu, ada juga 19,4 persen yang melatari alasan puas dengan kinerja presiden karena pembangunan infrastruktur. Menurut Burhanuddin, kelompok tersebut puas dengan kinerja Jokowi yang berhasil membangun banyak infrastruktur, seperti jalan dan jembatan.(*)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar