Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti

Sabtu, 1 Oktober 2022 17:37 WIB

Share
Presiden Joko Widodo Peringati Hari Kesaktian Pancasila. (ist)
Presiden Joko Widodo Peringati Hari Kesaktian Pancasila. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Peringati Hari Kesaktian Pacasila, Presiden Joko Widodo memimpin upacara di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022).

Upacara digelar tepat pukul 08.00 WIB dan turut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri kabinet, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mttalitti, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Sigit Prabowo.

Jalannya upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” tutur Jokowi.

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD LaNyalla Mattalitti.

Dalam upacara, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan ikrar, Puan menyampaikan bahwa mereka yang hari ini menggelar upacara menyadari sepenuhnya telah banyak rongrongan terhadap NKRI sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataanya telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Puan Maharani, Ketua DPR.

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sambung politikus PDI Perjuangan yang juga cucu Presiden Soekarno ini.

Setelah pembacaan ikrar, upacara berlanjut dengan pembacaan doa sebagai penutup rangkaian acara oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selepas upacara, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi oleh Wuri Ma’ruf Amin sejanak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi acara.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar