Puan Maharani Bacakan Ikrar di Hari Kesaktian Pancasila

Sabtu, 1 Oktober 2022 14:26 WIB

Share
Puan Maharani bacakan ikrar di upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden)
Puan Maharani bacakan ikrar di upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2022). 

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, Presiden Joko Widodo. Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. 

Usai mengheningkan cipta, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI dan pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPD RI. 

Setelah pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945, acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh ketua DPR RI, Puan Maharani. 

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan," kata Puan dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Puan.

"Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Puan mengakhiri pembacaan ikrar.

Usai pembacaan dan penandatanganan ikrar, upacara berlanjut dengan pembacaan doa sebagai penutup acara. Para pejabat pun turut hadir dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022.

Komentar ditutup untuk berita ini.