Obrolan warteg : Rangkulan Politik

Jumat, 30 September 2022 06:07 WIB

Share

Safari politik Puan Maharani yang membawa misi khusus ibundanya, Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP PDIP, akan dilakukan ke sejumlah parpol, termasuk menemui Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ada yang menafsirkan menjadwalkan pertemuan dengan AHY, disebut  sebagai “politik merangkul.” Ini didasarkan kepada kondisi bahwa selama ini antara PDIP dengan Demokrat, berseberangan jalan, acap saling serang kritik dan pernyataan. Bahkan, beberapa kali terucap dari petinggi PDIP, bahwa partainya sulit koalisi dengan Demokrat yang berada di garis oposisi.

“Apakah langkah Puan ini upaya mencairkan kebekuan politik?,” tanya mas Bro, aktivis “obrolan warteg” kepada kedua sohibnya, Yudi dan Heri selagi maksi di warteg langganan.

 

“Bisa jadi dalam upaya membangun suasana lebih kondusif menjelang pilpres. Ini langkah baik,” kata Yudi.

“Lagi pula silaturahmi mestinya jangan pilih- pilih, jika memungkinkan semua parpol dikunjungi.Baik parpol besar maupun kecil, baik parpol koalisi pendukung pemerintahan, maupun oposisi,” tambah mas Bro.

“Andap asor. Dengan mendekati, bukan selamanya maunya didekati karena merasa lebih tinggi. Itulah pitutur luhur,” ujar Heri.

“Kembali ke soal politik merangkul, apakah nantinya terjadi rangkulan politik sebagai bentuk persahabatan?” tanya Yudi.

“Kalau sesama pria boleh, tapi lawan jenis dilarang. Bukan mahromnya. Tapi kalau nantinya (PDIP- PD) menjadi mahram politik,mungkin saja. Itu semua tergantung hasil silaturahmi antara Puan dan AHY,” kata mas Bro.

Yang pasti, tambah mas Bro, silaturahmi politik merupakan awal yang baik membangun komunikasi politik lebih sehat. Politik merangkul tentu akan lebih baik dan terhormat, ketimbang politik memukul. Bahkan, dalam dunia tinju, merangkul adalah trik menghindari pukulan lawan. (jokles).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar