Waspada Potensi Hujan yang Disertai Petir dan Angin Terjadi di Lebak

Minggu, 25 September 2022 12:06 WIB

Share
Ilustrasi hujan ringan (ist)
Ilustrasi hujan ringan (ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca pada hari ini Minggu (25/9/2022) untuk wilayah Banten. 

Diketahui dari info BMKG tersebut, bahwa wilayah Kabupaten Lebak bagian timur waspada berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.

BMKG juga mencatat waspada potensi angin kencang di wilayah Lebak bagian selatan, serta potensi tinggi gelombang laut 4,0 sampai 6,0 meter (sangat tinggi) di Selat Sunda bagian selatan, Samudra Hindia bagian selatan Banten, dan perairan selatan Banten. 

Dengan adanya musim cuaca hujan yang disertai petir dan angin kencang tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama menghimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana untuk tetap menjaga kewaspadaan. 

"Sekarang ini sedang musim cuaca ekstrim, hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang. Untuk kami himbau masyarakat Lebak khususnya yang berada di wilayah rawan bencana untuk menjaga kewaspadaan," ungkap Febby melalui sambungan telepon, Minggu (25/9/2022).

Dikatakan Febby, terjadinya hujan lebat rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor, seperti yang terjadi beberapa hari kemarin di sejumlah kecamatan di Lebak.

"Untuk itu, menjaga kewaspadaan penting di musim penghujan seperti ini untuk mengurangi resiko bencana," katanya.

Febby menjelaskan, di Kabupaten Lebak ada beberapa wilayah yang termasuk rawan bencana banjir dan longsor, seperti di Kecamatan Cigemblong, Cibeber, Panggarangan, Cipanas, Lebakgendong, Sobang dan Muncang.

"Lantaran sejumlah daerah itu memiliki kontur tanah dataran tinggi dan dataran rendah. Sehingga ketika musim penghujan seperti ini potensi banjir dan longsor ada," jelasnya.

Namun pada prinsipnya tambah Febby, masyarakat harus tetap menjaga kewaspadaan, supaya ketika terjadi bencana banjir atau pun longsor resiko bencana bisa diminimalisir.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar