Sehatkan Masyarakat dari TBC dan Diabetes, PC IAI Gelar Pengobatan Gratis dan Donor Darah

Minggu, 25 September 2022 13:26 WIB

Share
Salah seorang warga Pandeglang saat cek kesehatan. (Samsul Fatoni).
Salah seorang warga Pandeglang saat cek kesehatan. (Samsul Fatoni).

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID -  Momentum Hari Apoteker Se-Dunia, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pandeglang, melakukan pengobatan gratis dan donor darah di Tribun Alun-alun Pandeglang, Minggu (25/9/2022).

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Pandeglang, Sumarlin mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tanggal 25 September, tepat di momentum Hari Apoteker se-Dunia.

Tahun ini kata Sumarlin, tema yang diangkat oleh Pengurus Pusat IAI adalah "Apoteker bersatu dalam aksi menuju dunia yang lebih sehat, apoteker siap melayani informasi serta edukasi obat TBC dan Diabetes".

"Ini bagian dari peran pengurus persatuan Apoteker dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pada momentum ini IAI Pandeglang memberikan edukasi kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat dan sekaligus donor darah," ungkapnya.

Dikatakannya, pada acara ini siapapun masyarakat yang ingin memeriksa kesehatan tubuhnya akan dilayani dengan baik. Karena memang, sengaja kegiatan ini di gelar di Alun-alun Pandeglang, karena banyak masyarakat yang hilir mudik di sekitaran alun-alun terutama pada pagi hari.

"Sengaja kegiatan ini kami gelar di Alun-alun Pandeglang, karena di sini banyak orang yang bisa kami edukasi tentang kesehatan. Selain donor darah, sesuai dengan tema pengurus pusat berikan, saat ini kami melakukan edukasi TBC dan Diabetes Melitus," katanya

Dalam agenda cek kesehatan tersebut lanjut dia, masyarakat bisa mengecek gula darah, cek hemoglobin darah, kolesterol, kesehatan dan cek asam urat. 

"Ayo siapa yang ingin cek kesehatan tubuh, silahkan datang ke Alun-alun Pandeglang, hari ini kami gelar pengobatan secara gratis," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Pandeglang, Silvi Maharani menyampaikan, penyakit diabetes dan tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang menjadi perhatian serius dari pemerintah, karena Indonesia masuk rangking ketiga dunia.

“Di Kementerian Kesehatan juga menjadi komponen utama yang harus dan wajib dilaksanakan, makanya IAI ikut membantu program pemerintah terutama untuk menyelesaikan diabetes dan TBC," jelasnya. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar