Sebanyak 5 Rumah di Lebak Terdampak Longsor, Satu di Antaranya Nyaris Runtuh

Sabtu, 24 September 2022 18:42 WIB

Share
Salah seorang petugas BPBD Lebak saat meninjau wilayah terdampak bencana longsor.(Foto: ist)
Salah seorang petugas BPBD Lebak saat meninjau wilayah terdampak bencana longsor.(Foto: ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak lima rumah warga di dua desa, yakni Desa Mancak dan Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak terkena dampak bencana longsor. Akibat musibah tersebut,  satu rumah di antaranya nyaris runtuh. 

Saat ini, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, tengah melakukan pendataan di lapangan. Tim BPBD mencatat terdapat lima rumah terdampak, satu rumah di Desa Mancak dan empat rumah di Desa Bayah Timur.

Seorang petugas BPBD Lebak, Gagan Suganda mengatakan, bencana tanah longsor yang terjadi pada Jum'at (23/9/2022) sore tersebut, ada sebanyak lima rumah di dua desa yang terdampak.

Dari lima bangunan rumah yang terdampak tanah longsor, satu rumah diimbau untuk tidak dihuni dulu, lantaran saat ini kondisinya mengkhawatirkan.

"Kalau yang empat rumah masih bisa dihuni. Tapi yang satu rumah kami imbau agar tak dihuni dulu oleh pemiliknya, lantaran kondisi bangunan mengkhawatirkan akibat tanah longsor itu," katanya, Sabtu (24/9/2022).

Yang satu rumah terdampak longsor tersebut, lanjut  dia, pondasi bangunan rumahnya nyaris ambruk. Sehingga kalau dihuni, khawatir terjadi longsor lagi karena cuaca hujan masih kerap terjadi setiap harinya.

"Kalau yang lain masih bisa dihuni. Tapi yang satu rumah telah kami sarankan untuk dikosongkan dulu, khawatir terjadi longsor lagi," katanya lagi.

Sebagian warga yang lain terdampak longsor juga diimbau untuk tetap menjaga kewaspadaan. Karena musim penghujan masih terus berlangsung, terutama pada sore hari.

"Meski rumah korban longsor yang lain masih bisa dihuni, tapi kami himbau agar menjaga kewaspadaan. Tapi untuk yang satu keluarga diungsikan ke rumah orang tuanya," ungkapnya.

Sementara, Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama membenarkan, korban terdampak tanah longsor ada sebanyak 5 rumah. Pihaknya juga menghimbau, agar masyarakat selalu menjaga kesiapsiagaan karena sekarang musim cuaca ekstrim.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar