Erick Thohir Tegaskan Cilacap Jadi Pilot Project Program Solar untuk Nelayan

Minggu, 18 September 2022 17:51 WIB

Share
Menteri BUMN Erick Thohir. (ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri BUMN, Erick Thohir secara resmi meluncurkan program Solar untuk Koperasi (Solusi) nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kabupaten Cilacap, Jateng.

Cilacap dipilih sebagai proyek percontohan atau pilot project sebelum nantinya program ini diterapkan di tujuh titik lainnya.

Peresmian program ini dilakukan pada Sabtu, 17 September 2022. Turut hadir Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dan Anggota Komisi VI DPR Adisatrya Suryo Sulisto.

"Bagaimana program Solusi untuk nelayan (di Cilacap) ini bisa menjadi pilot project yang pertama, kalau ini berjalan baik tiga bulan lagi akan dikembangkan di 7 titik yang sudah disampaikan sebelumnya dan diperluas ke seluruh Indonesia," kata Erick dalam keteranganya di Jakarta, Minggu, (18/9/2022).

Enam titik selanjutnya yakni Lhoknga, Aceh; Deli Serdang, Sumatera Utara; Indramayu, Jawa Barat; Pekalongan, Semarang, Jawa Tengah; Surabaya, Jawa Timur; dan Lombok Timur, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam program ini, lanjut Erick, Pertamina menyalurkan langsung Solar bersubsidi ke SPBU Nelayan di bawah Koperasi Mino Saroyo yang beranggotakan 8.500 nelayan.

Program inisiatif Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi dan UKM ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah terhadap para nelayan di tengah kebijakan pengalihan subsidi BBM.

Erick menyebut program Solusi dapat memperbaiki akses nelayan terhadap Solar sehingga subsidi Solar lebih tepat sasaran dan langsung dialokasikan kepada nelayan.

Erick dan Teten juga memastikan koperasi jadi ujung tombak agar solar subsidi benar-benar tepat sasaran.

"Dengan koperasi itu berarti ada nama, alamat, dan sistem digital, jadi kalau ada yang bawa jeriken tidak masalah karena ada barcode, datanya kelihatan," katanya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar