ADVERTISEMENT

Anies Baswedan Akui Kalau Jokowi, Ahok dan Djarot Punya Andil Besar dalam Pembangunan Jakarta International Stadium

Minggu, 18 September 2022 17:35 WIB

Share
Penampakan Jakarta International Stadium(JIS) di waktu malam.(Foto: Aldi)
Penampakan Jakarta International Stadium(JIS) di waktu malam.(Foto: Aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Hal itu dilihat dari sebuah unggahan gambar di akun Twitter @Aniesmania yang berisi nyir-nyiran netizen. Gambar tersebut berisi capture stadion yang disebut berstandar FIFA dan stadion JIS. 

Dalam colase foto tersebut juga berisi pemberitaan laman media terkait sikap PSSI yang menyebut Stadion JIS batal gelar laga timnas lantaran belum memenuhi kelayakan.

"Ketika stadion JIS yang sudah berstandar FIFA dibilang belum penuhi kelayakan oleh PSSI," ucap tulisan dalam colase foto yang viral di sosial media.

Lebih lanjut, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengklaim bahwa Jakarta International Stadium (JIS) sebagai mahakarya yang dipersembahkan untuk Jakarta dan Indonesia. Anies mengatakan JIS dibangun seratus persen oleh anak bangsa Indonesia.

"Maha karya ini adalah seratus persen dibangun oleh anak-anak bangsa, dari keringat orang Indonesia yang dilahirkan dari rahim-rahim ibu orang Indonesia," kata Anies.

Namun, jika dibandingkan dengan keunggukan JIS dibandingkan dengan Gelora Bung Karno sangat terlihat. Adapun keunggulan yang terdapat di JIS yaitu:

1. Konsep Stadion

Project Director PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengatakan, konsep Stadion JIS akan lebih baik dari Stadion GBK karena spesifikasi desainnya yang lebih baik. Tidak hanya sesuai standar sepakbola, stadion ini juga memenuhi standar konser musik dan hiburan lain. 

Ada juga berbagai fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung stadion, seperti jogging track hingga bungee jumping. Beberapa konsultan asing yang mendesain berbagai stadion di Liga Primer didatangkan untuk membantu merancang desain stadion ini.

2. Stadion Ramah Lingkungan
Hal lain yang membuat proyek pembangunan JIS mendapat perhatian adalah sistem zero run-off yang menjadi bagian dari konsep ramah lingkungan stadion. Sistem zero run-off memungkinkan air hujan yang jatuh ke tanah dialirkan kembali melalui saluran air Jakarta Utara. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT