ADVERTISEMENT

Kenang Sosok Azyumardi Azra, Din Syamsuddin: Cendekiawan Penebar Hikmah Kebijaksanaan Bagi Peradaban Dunia Islam

Minggu, 18 September 2022 17:07 WIB

Share
Din Syamsuddin
Din Syamsuddin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Meninggalnya Ketua Dewan Pers yang juga cendikiawan muslim Azyumardi Azra meninggalkan duka mendalam bagi bangsa Indonesia dan dunia Islam. 

Azyumardi Azra berpulang di RS Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022). 

"Kita semua merasa kehilangan atas kepergian ke rahmatullah Alm. Prof. Dr. Azyumardi Azra. Kepergian Almarhum merupakan kehilangan bagi bangsa Indonesia dan dunia islam," ujar mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9/2022).

Din menilai sosok Azyumardi Azra merupakan cendekiawan muslim yang telah menebar hikmah kebijaksaan, dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembangunan peradaban utama di Dunia Islam.

"Saya mengenal Almarhum sebagai teman seangkatan di IAIN (kini UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan sama-sama dikirim belajar ke Amerika Serikat untuk Program Magister dan Doktor," ucapnya.

 

Lanjut, Din juga mengungkapkan, Azyumardi juga sampat bersama dirinya di Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai Wakil Ketua. Din menyebut sosok, Azyumardi sebagai cendikiawan muslim yang berpegang Teguh kepada kebenaran.

"Selama itu saya mengenal Almarhum sebagai sosok cendekiawan muslim yang berpegang teguh pada prinsip kebenaran, kejujuran dan keadilan, dan memiliki gairah tinggi untuk izzul Islam wal Muslimin," ungkapnya.

Din juga mengaku sedang merancang peresmian World Fulcrum of Wasatiyyah Islam atau Poros Dunia Wasatiyyat Islam bersama Azyumardi pada bulan November 2022 nanti. 

Hal ini, dikatakan Din, merupakan upaya untuk mengarusutamakan prinsip jalan tengah dari Indonesia ke Dunia Islam. Azyumardi, kata Din, juga bersedia menjadi Wakil Ketua Dewan Eksekutif Poros Dunia tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT