Akibat Mosi Tidak Percaya Fadel Muhammad, Pimpinan MPR Didesak Segera Lantik Tamsil Linrung Sebagai Wakil Ketua

Minggu, 18 September 2022 21:22 WIB

Share
Tamsil Linrung berfoto bersama seusai pemungutan suara yang mengalahkan Fadel Muhammad dari jabatan sebagai Wakil Ketua MPR. (ist)
Tamsil Linrung berfoto bersama seusai pemungutan suara yang mengalahkan Fadel Muhammad dari jabatan sebagai Wakil Ketua MPR. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Desakan agar MPR segera melantik Tamsil Linrung menjadi Wakil Ketua MPR terus bergulir di parlemen.

Sebab, proses pergantian Fadel Muhammad sudah sesuai dengan mekanisme politik, lewat Sidang Paripurna DPD.

"Pemberhentian Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua MPR dari unsur DPD itu adalah keputusan politik lembaga lewat mosi tidak percaya yang dibawa ke sidang paripurna. Keputusan itu bukan face to face antara LaNyalla (Ketua DPD) dengan Fadel," kata Direktur Center For Leadership of Indonesia, Jakarta.

Prof. Dr. Muh. Nur Sadik, M.P.M., ketika dihubungi wartawan, di Jakarta, Minggu (18/9/2022).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Rapat Pimpinan (Rapim) MPR membahas dan memutuskan pengangkatan Tamsil Linrung itu akan digelar, Senin, 19 September 2022.

Rapim agak terlambat dilakukan setelah surat masuk dari DPD pada 5 September 2022, karena sebagian pimpinan MPR masih berada di luar negeri.

Sebagaimana diketahui, Fadel Muhammad diberhentikan dari jabatannya sebagai Waka MPR dari unsur DPD lewat sidang paripurna pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Pada 1 September 2022, Ketua MPR Bambang Soesatyo menandatangani Surat Keputusan Pimpinan MPR Nomor 14 Tahun 2022 tentang pergantian Pimpinan Kelompok DPD di MPR masa jabatan 2019-2024.

Yang menjadi Ketua Kelompok DPD di MPR adalah H.M.Syukur, SH, MM menggantikan Tamsil Linrung.

Posisi Sekretaris yang dipegang M.Syukur dipegang Ajbar.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar